bdadinfo.com

Kalimantan Tengah Surganya Harta Karun Jadi Primadona Bagi Pemburu Harta Karun Mancaranegara Terletak di 10 Kabupaten - News

- Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Kota Palangka Raya.

Kalimantan Tengah mempunyai 13 kabupaten dan 1 kota. Hutan mendominasi wilayah 80%. Hutan primer tersisa sekitar 25% dari luas wilayah.

Lahan yang luas saat ini mulai didominasi kebun Kelapa Sawit yang mencapai 700.000 ha (2007).

Baca Juga: 4 Crazy Rich Sukses Keruk Harta Karun Emas Hitam yang Melimpah Ruah di Kalimantan, Sampai 7 Turunan Hartanya Takkan Habis

Perkebunan karet dan rotan rakyat masih tersebar hampir diseluruh daerah, terutama di Kabupaten Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Gunung Mas dan Kotawaringin Timur.

Kalimantan Tengah memiliki beragam potensi sumber daya alam. Di Indonesia, wilayah Kalimantan Tengah menjadi provinsi dengan produksi bijih besih yang terbesar bersama dengan wilayah Kalimantan Selatan.

Sumber daya alam lain yang dihasilkan di wilayah Kalimantan Selatan melalui pertambangan meliputi batubara, emas, zirkon, tembaga, kaolin, dan batu permata.

Indonesia kaya akan hasil alam, segini cadangan harta karun batubara di Kalimantan Tengah.

Tidak bisa dipungkiri Kalimantan Tengah kaya akan hasil alam. Data BPS tahun 2022 menyebutkan 10 dari 13 kabupaten memiliki aktifitas pertambangan.

Namun dari 10 kabupaten itu, 4 diantarnya menjadi primadona pertambangan batu bara.

Keempat wilayah ini menjadi incaran investor dari luar daerah. Data BPS tahun 2022 menyebutkan di Kalimantan Tengah, tanah seluas 891.943 hektar menjadi area pertambangan batu bara.

Sebarannya terbanyak di wilayah DAS Barito. Yaitu di Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Murung Raya.

Sedang satu lagi kabupaten memiliki kandungan batu bara melimpah adalah di Kabupaten Kapuas.

Baca Juga: Sumatera Barat Berlayar Keliling Dunia! Berlabuh di Akses Jalan Baru Senilai Rp216 Miliar, Pemerintah Habiskan Rp116 Miliar demi Upgrade Pelabuhan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat