bdadinfo.com

Dirut Semen Padang Kunjungi Lokasi Banjir Bandang, Bupati: Bantu Kami Bangkit - News

Dirut PT Semen Padang, Indrieffouny Indra mengunjungi lokasi bencana banjir bandang kabar dingin di Tanah Datar, Sabtu (18/5/2024). Dalam kunjungan tersebut, Dirut Indrieffouny juga meninjau jembatan darurat yang dibangun relawan TRC Semen Padang bersama masyarakat setempat. (IST)

TANAH DATAR, - Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengunjungi lokasi bencana banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (18/5/2024). Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian dari manajemen PT Semen Padang terhadap bencana alam yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024) malam.

Sebelum ke lokasi bencana, Dirut Indrieffouny didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis, Kepala Unit CSR Dedi M Siddiq, dan Kepala Unit Perencanaan & Evaluasi Tambang, Ilham Akbar, juga mengunjungi Posko Utama Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin yang ada di kompleks Rumah Dinas Bupati Tanah Datar.

Kedatangan orang nomor satu di PT Semen Padang itu, disambut Bupati Tanah Datar Eka Putra, Sekdakab Tanah Datar Iqbal R, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar, O Hendra R. Dalam kunjungan ke posko tersebut, Indrieffouny pun menyerahkan bantuan senilai Rp108 juta dari PT Semen Padang secara simbolis kepada Bupati Eka Putra.

Baca Juga: PLUT Rawang Kabupaten Pesisir Selatan Jadi Panggung UMK

"Kami dari Semen Padang turut berduka atas musibah banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi yang melanda beberapa daerah di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan juga Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Semoga daerah yang terdampak cepat pulih dan bangkit dari bencana," kata Indrieffouny usai menyerahkan bantuan kepada Bupati Eka Putra.

Indrieffouny menyampaikan, PT Semen Padang sebagai anak usaha SIG, telah berada di lokasi bencana sehari pasca-bencana dengan mengirimkan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan bantuan sembako dan berbagai kebutuhan korban bencana ke dua lokasi yang terdampak, yaitu ke Tanah Datar, Agam dan ke Kayu Tanam Padang Pariaman.

Selain membantu SAR gabungan untuk pencarian korban yang masih hilang, relawan tersebut juga melakukan assessment terhadap dampak bencana.

"Berdasarkan asessment itu lah, Semen Padang pada Selasa (14/5/2024), mengirimkan berbagai bantuan untuk korban terdampak becana," ujar Indrieffouny.

Berbagai bantuan itu, katanya, seperti sembako, tim medis dan obat-obatan dari Semen Padang Hospital (SPH), dan sejumlah kebutuhan mendesak lainnya untuk para korban. "Selain itu, Semen Padang juga mendirikan dapur umum dan melakukan trauma healing untuk anak-anak korban bencana, serta bantuan air bersih," bebernya.

Baca Juga: Fadly Amran Silaturahmi dengan Masyarakat di Sekitar Batang Arau Padang, Warga Keluhkan Sedimen dan Pendangkalan Sungai

Setelah menyerahkan bantuan ke posko bencana, rombongan Dirut PT Semen Padang kemudian mengunjungi Posko Semen Padang Peduli di Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Tanah Datar. Di sana, Indrieffouny menyampaikan pesan kepada relawan TRC Semen Padang untuk mengutamakan kesehatan selama menjalani misi kemanusiaan di lokasi bencana.

Kemudian, rombongan berlanjut ke Posko Pengungsian di Masjid Ubudiyah, Nagari Parambahan, Kecamatan Limo Kaum, untuk meninjau pemeriksaan kesehatan gratis warga terdampak oleh tim medis dari Semen Padang Hospital bersama dinas kesehatan, dan juga kegiatan trauma healing yang dilakukan oleh relawan dari Unit CSR PT Semen Padang.

Kegiatan trauma healing itu, disambut antusias puluhan anak-anak korban bencana yang berusia sekitar 4-10 tahun. Mereka pun tampak bahagia, dan seolah-seolah duka yang baru sepekan ini mendera mereka telah hilang tergantikan oleh kehadiran tim trauma healing dari PT Semen Padang. Pada kegiatan tersebut, tim trauma healing juga membagikan susu dan juga aneka mainan anak-anak.

Kegiatan di posko pengungsian itu diakhiri dengan foto bersama antara Dirut PT Semen Padang dengan puluhan anak-anak korban bencana. Dan, selanjutnya rombongan menuju lokasi bencana untuk melihat jembatan darurat di Nagari Parambahan. Jembatan tersebut, dibangun oleh relawan TRC Semen Padang bersama masyarakat setempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat