bdadinfo.com

Upaya Pembunuhan! Terjadi Penembakan PM Slovakia oleh Lansia 71 Tahun, Ternyata Ini Motifnya - News

Upaya penembakan PM Slovakia, Robert Fico

- Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico mengalami serangan penembakan pada Rabu, 15 Mei 2024.

Video dari tempat kejadian menunjukkan Fico ditembak sebanyak lima kali di Lapangan Bannikov, Kota Handlova, usai menghadiri pertemuan pemerintah.

Usai tertembak, petugas keamanan segera memindahkan Fico ke dalam mobil dan menerbangkannya ke rumah sakit F.D Roosevelt University di Kota Banska Bystrica.

Baca Juga: Wakili Bupati Rusma Yul Anwar, Sekda Mawardi Antar Donasi Pesisir Selatan untuk Korban Bencana di Padang Panjang

Dalam video, penyerang terlihat berdiri bersama masyarakat lain dan menembak Fico dari jarak beberapa kaki saat menyambut Perdana Menteri Slovakia tersebut.

“Fico telah menjalani operasi selama lima jam karena beberapa luka tembak. Kondisinya masih sangat serius dan dia masih berada di unit perawatan intensif,” ujar Miriam Lapunikova, direktur rumah sakit.

Pada Kamis, 16 Mei 2024, kondisi Fico sudah membaik dan mampu berbicara meskipun hanya beberapa kalimat, serta Fico sudah melewati masa kritis.

Baca Juga: Klub Oxford United Milik Erick Thohir Naik ke EFL Championship, Beberapa Warganet Sindir Soal Titip Pemain Indonesia

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Slovakia, Thomas Taraba pada acara televisi, Newshour.

Menurut pejabat Slovakia, serangan tersebut merupakan upaya pembunuhan dengan motif politik.

Kondisi ini memicu kekhawatiran masyarakat Slovakia bahwa, politik Slovakia dapat berujung pada kekerasan dan pembunuhan.

Baca Juga: KNPI Sumbar Mengecam Sekelompok Oknum Pembuat Gaduh KNPI Pariaman

“Untuk pertama kalinya dalam 31 Tahun republik demokratis Slovakia yang berdaulat terjadi tindakan seseorang yang menyampaikan pendapat politiknya bukan dalam pemilu, melainkan dengan menggunakan senjata di jalan,” ujar Matus Sutaj Estok, Menteri Dalam Negeri Slovakia.

Pelaku serangan penembakan terhadap PM Slovakia merupakan pria berusia 71 Tahun yang bekerja sebagai penulis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat