bdadinfo.com

Kepri Bertingkah Aneh! Proyek Besar Baru Dijadikan PSN, Segera Mulai Konstruksi Pembangunan Kawasan Industri Terbesar Makin Berjaya di Pulau Sumatera - News

Kawasan Industri Solar Farm, Kepri (Freepik)

- Demi menghasilkan energi baru terbarukan 2026, Kepulauan Riau harus membangun kawasan industri yang baru saja dimasukkan jadi bagian PSN

Proyek yang akan baru dibangun terkait pengembangan kawasan industri Wiraraja di Galang berlokasi di Kepulauan Riau, Batam.

Kawasan Industri Wiraraja merupakan grup kawasan industri yang berpusat di Punggur, Batam di Pulau Galang, Wiraraja. 

Baca Juga: Timnas Portugal Rilis Skuad untuk Euro 2024: Cristiano Ronaldo dan Pepe Masih Jadi Tumpuan Utama Tim Samba Eropa!

Bertepatan di Wiralaja yang menempatkan grup perusahaannya yaitu PT Galang Bumi Industri untuk mengelola lahan dengan luas sekitar 3.589 hektare.

Pengelola lahan yang akan memusatkan fokusnya pada industri solar farm dan industri pendukung sektor energi baru dan terbarukan (EBT).

Selain itu lokasi kawasan industri EBT terpadu ini berada di belakang Bendungan Sei Gong, Galang.

Baca Juga: Lama Ditunggu-tunggu, Proyek Jalan Tol Padang-Secincin Si Tulang Punggung Sumatera Barat Ini Kapan Rampung?

“Dari 3.589 hektare, 2.600 hektare untuk solar farm dan green energy. Sedangkan 989 hektare untuk industri pendukung EBT,” ujar Tjaw di Batam pada Selasa 19 Maret 2024.

Direktur PT Galang Bumi Industri, Tjaw Hieong mengatakan tema dari KI Wiraraja di Galang ini yaitu kawasan industri green energy dan smart eco industrial park. 

Lokasinya juga clean and clear, tidak ada warga yang tinggal disana dan berstatus Area Penggunaan Lain (APL) untuk saat ini.

Baca Juga: PLN Sukses Amankan Pasokan Listrik Saat Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Bencana di Sumbar

Secara keseluruhan, industri ramah lingkungan yang diusung PT GBI ini menganut konsep end to end. 

Konsep end to end yang diusung ialah sebuah proses produksi dari tahapan mula hingga akhir yang melibatkan sejumlah tenant industri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat