bdadinfo.com

Terkikis Api pada Dini Hari, Kebakaran Hebat Melanda Kilang Minyak Balikpapan - News

Terjadi kebakaran di kilang minyak Pertamina di Balikpapan

- Balikpapan, Sabtu, 15 Mei 2024 dini hari sekitar pukul 04.25 WITA telah terjadi kebakaran Kilang Minyak milik Pertamina.

Meskipun hujan deras pada saat itu turun di kawasan kilang, namun sampai terlihat masih berkobar, bahkan asap hitam juga nampak terlihat hingga kejauhan.

Kejadian tersebut sempat terekam kamera warga dan yang viral di media sosial sekitar 10.41 WITA terjadi flash di area bak kontrol sewer jalan 107 Kilang PT KPI Unit Balikpapan.

Baca Juga: Optimalkan Pelayanan Pajak, Pemerintah Terapkan Pemadanan NIK nenjadi NPWP

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina (KPI) Hermansyah Y Nasroen membenarkan ada terjadinya kebakaran di kilang tersebut.

Kebakaran terjadi pada Refinery Unit V Kilang Pertamina, namun saat pukul 07.05 WITA, api sudah mulai padam.

Akses jalan menuju lokasi di tutup petugas, saat sejumlah jurnalis di kota Minyak itu akan meliput peristiwa kebakaran yang terjadi.

Baca Juga: HEBAT! Thariq Halilintar Mantap Melamar Aaliyah Massaid, Ini Ungkapan dari Keluarga

Penutupan jalan mulai dari jalan Yos Sudarso, hingga kawasan Panorama.

Awal kejadian itu sekitar pukul 04.25 WITA, Tim pemadam sigap mengatasi kejadian sesuai prosedur penanggulangan keadaan darurat (PPKD) yang berlaku di Perusahaan, kata Bayu Arafat pada saat keterangan pers pagi ini.

Sementara itu General Manager Kilang Pertamina Indonesia (KPI), Unit Balikpapan, Bayu Arafat mengatakan "Api sudah mulai di padamkan, dan saat ini terfokus pada upaya pendinginan area kebakaran untuk mencegah kejadian timbulnya percikan api".

Baca Juga: Pemda Sumbar Lebih Prioritaskan Proyek Jalan Tol Sicincin-Bukittinggi Daripada Payakumbuh-Pangkalan, Ternyata ini Alasannya: Konstruksi Mulai 2024?

Ada sebanyak delapan unit armada pemadam Kebakaran di kerahkan tim pemadam kebakaran (fire bridage) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) unit Balikpapan untuk meredam api yang membakar di Crude Distillation Unit (CDU) VI.

Unit Distilasi Minyak Mentah (CDU) merupakan proses awal dari fraksinasi minyak mentah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat