bdadinfo.com

Pilgub Sumbar Perlu Diisi Tokoh Muda? Ini Kata Pengamat - News

Pilgub Sumbar Perlu Diisi Tokoh Muda? Ini Kata Pengamat (IST)

- Pengamat politik Sumatera Barat, Hairunnas, menyigi nama-nama tokoh muda yang layak diperhitungkan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2024 mendatang.

Menurutnya, dinamika politik di Sumatera Barat akan dipengaruhi oleh tren kepemimpinan muda yang terlihat pada Pemilu 2024 kemarin.

"Dinamika politik yang terjadi di tingkat pusat akan berpengaruh terhadap dinamika politik di daerah. Tak terkecuali Sumatera Barat. Apalagi, jarak pilpres dan pilkada berdekatan. Tentu sangat berpengaruh," ujar Hairunnas.

Baca Juga: All Eyes On Rafah Menggema Ramai Banjiri Media Sosial X hingga Instagram, Apa Maknanya?

Hairunnas menjelaskan bahwa tren kepemimpinan politik nasional saat ini cenderung mengarah pada kepemimpinan muda, yang sesuai dengan demografi penduduk Indonesia yang didominasi oleh generasi muda. Namun, dalam konteks Pilgub Sumatera Barat 2024, kepemimpinan muda ini belum terlihat.

Mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Sumatera Barat pada Pemilu 2024, pemilih muda merupakan kelompok dominan dengan persentase 58,7% dari total 4.088.606 pemilih, atau setara dengan 2.400.072 orang.

"Dominannya pemilih muda tersebut menandakan bahwa pemerintah daerah ke depannya harus mampu mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan generasi muda. Termasuk kebutuhan dan kepentingan akan representasi anak muda dalam kepemimpinan daerah," terang Hairunnas.

Belum munculnya figur muda dalam dinamika politik Pilgub Sumatera Barat Tahun 2024 dianggap sebagai tantangan tersendiri.

Hairunnas menyatakan bahwa Sumatera Barat memiliki banyak anak muda potensial, baik yang tumbuh di daerah maupun yang berkiprah di perantauan, yang seharusnya didorong untuk mengabdi di pemerintahan daerah.

"Padahal, Sumbar memiliki anak-anak muda yang sangat potensial, baik yang tumbuh di Sumatera Barat maupun di tanah rantau, yang perlu didorong untuk mengabdi di pemerintah daerah," kata Hairunnas.

Baca Juga: Cetak Hattrick, PLN Kembali Raih Kinerja Keuangan Terbaik Sepanjang Sejarah pada Tahun 2023

Beberapa contoh figur muda potensial yang disebut oleh Hairunnas antara lain adalah Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar Fadly Amran, Anggota DPR RI Terpilih dari Partai Golkar Zigo Rolanda, Mantan Ketum PB HMI Raihan Ariatama, dan Mantan Ketua KPI Yuliandre Darwis.

Hairunnas berharap, kiprah dan pengalaman anak-anak muda ini mampu menjawab kebutuhan pemilih muda sekaligus meningkatkan konektivitas antara Sumatera Barat dan pemerintah pusat.

"Harapannya, dengan kiprah dan pengalaman anak-anak muda ini, mereka mampu menjawab kebutuhan anak muda sekaligus meningkatkan konektivitas Sumbar dan pemerintah pusat," pungkasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat