bdadinfo.com

Kekurangan Waktu? Terus Dikebut Demi Capai Net Zero RI 2060, Mengusung Konsep Go Green dan Pertama di Pembangunan Energi Hijau IKN - News

Energi Terbarukan IKN (Freepik)

- Berupaya untuk terus mencapai Net Zero Emission (NZE) Pemerintah Indonesia pada tahun 2060 mendatang dengan melaksanakan Energi Hijau IKN.

Portofolio tersebut, menjadi sumber inovasi Pertamina untuk nantinya bisa dikembangkan di IKN dan mewujudkan cita-cita sebagai ibu kota dunia.

“Saat ini kami memperdalam nature-based solution yang berpotensi menjadi salah satu sumber energi di IKN, mengingat luasnya,” 

Baca Juga: Daftar 5 Jalur Rute Kereta Api Terpanjang di Pulau Sumatera, Juaranya Sumatera Barat dibangun Tahun 1891 Memiliki Panjang Lintasan Mencapai 115 KM

“Kawasan hijau di IKN yang akan tetap dipertahankan untuk menjadi ekosistem berkelanjutan," ujar Fadjar pada Selasa 4 Juni 2024.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyatakan, Indonesia memiliki sumber energi terbarukan yang melimpah. 

Bermula dari cadangan gas, energi nabati, hingga energi berbasis alam meliputi Natural-Based Solution (NBS).

Baca Juga: Pemulihan Sistem Kelistrikan Sumatera, Hampir 90 Ribu Pelanggan PLN UID Sumbar Kembali Menyala

NBS untuk menjadi energi alternatif yang rendah karbon dan ramah lingkungan.

Dengan begitu Pertamina melalui Perusahaan Gas Negara, juga sudah menyiapkan jaringan gas (jargas) di IKN. 

Tahap awal, jargas diharapkan dapat menjadi sumber energi untuk 166 tower perumahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 34 rumah tapak menteri yang berdomisili di IKN.

Baca Juga: Daerah Tetangga Sumatera Barat ini Tolnya Sudah Mencapai Ratusan Kilometer, Sumbar 7 Tahun Proyeknya Berjalan 36 km saja Belum Selesai: Kacau!

Fadjar menyampaikan, peluang penggunaan energi baru terbarukan di IKN akan terus dikembangkan.

Termasuk dengan adanya pusat riset dan inovasi berkelanjutan yang akan dibangun oleh Pertamina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat