bdadinfo.com

Daftar 5 Jalur Rute Kereta Api Terpanjang di Pulau Sumatera, Juaranya Sumatera Barat dibangun Tahun 1891 Memiliki Panjang Lintasan Mencapai 115 KM - News

Daftar 5 Jalur Rute Kereta Api Terpanjang di Pulau Sumatera, Juaranya Sumatera Barat dibangun Tahun 1891 Memiliki Panjang Lintasan Mencapai 115 KM

- Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang disukai oleh banyak orang. Selain karena kenyamanannya, kereta api juga menjadi salah satu transportasi yang paling tepat waktu.

Sebab, ia mempunya jalur sendiri yang membuatnya bisa terbebas dari kemacetan lalu lintas seperti di jalan raya.

Kereta Api merupakan moda transportasi berbasis rel yang menjadi pilihan banyak masyarakat dalam menempuh sebuah perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Pemulihan Sistem Kelistrikan Sumatera, Hampir 90 Ribu Pelanggan PLN UID Sumbar Kembali Menyala

Tidak hanya di Pulau Jawa, jalur kereta api pun kini sudah meluas ke berbagai pulau, termasuk Sumatera.

Ada beberapa daftar rute kereta di Pulau Sumatera yang menarik untuk dicoba dengan fasilitas yang tak kalah lengkap. Mipun tidak selengkap di pulau Jawa.

Pembangunan jalur kereta api yang ada di wilayah Sumatera dibangun mulai pada 1889 sampai dengan 1914.

Baca Juga: Wouw!! Sumatera Barat Siapkan Amunisi akan Reaktivasi Jalur Kereta Api Sumatera Barat Dikebut Bisa Sampai ke Aceh dan Lampung

Dalam jangka waktu 25 tahun tersebut, dapat membangun jalur rute di beberapa wilayah di Sumatera yakni :

1. Sumatera Utara
Jalur Sumatera adalah jalur tertua diantara jalur Sumatera pada umumnya.

Hal tersebut dikarenakan pembangunan jalur ini dimulai sejak tahun 1889 atau pada masa kolonialisme di Indonesia. Dalam jalur ini memiliki stasiun pusat terbesar ada di stasiun Medan.

Baca Juga: Sumut Ukir Prestasi! Jadi Proyek Jalan Tol Percontohan, Tol di Sumatera Utara Ini Raih Sertifikat Predikat Konstruksi Berkelanjutan

Sedangkan jalur yang ada di Sumatera Utara ini memiliki rute yang cukup luas yakni wilayah Medan, Tinggi, Batang Kuis, Tebing, Siantar, Lubuk Pakam, Tanjung Balai, Padang Halaban, Rantau Prapat, Kisaran Dan Wilayah Lain Yang Ada Di Sekitarnya.

Provinsi Sumatra Utara adalah wilayah yang memiliki rute kereta api dan layanan yang terbanyak di Sumatera.

Medan, Siantar, Tebing Tinggi, Kisaran, Padang Halaban, Tanjung Balai,, Batang Kuis, Lubuk Pakam, serta Rantau Prapat adalah beberapa stasiun yang dilewati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat