bdadinfo.com

Sumut Ukir Prestasi! Jadi Proyek Jalan Tol Percontohan, Tol di Sumatera Utara Ini Raih Sertifikat Predikat Konstruksi Berkelanjutan - News

Sumut Ukir Prestasi! Jadi Proyek Jalan Tol Percontohan, Tol di Sumatera Utara Ini Raih Sertifikat Predikat Konstruksi Berkelanjutan: Ruas Mana yang Dimaksud? (hkinfrastruktur.com)

– Pembangunan jalan tol di Sumatera terus digalakkan karena menjadi tonggak infrastruktur.

Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu provinsi di Sumatera yang berhasil menyelesaikan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di wilayahnya.

Baru-baru ini, salah satu ruas jalan tolnya pun berhasil mengukir prestasi dengan menjadi salah satu tol percontohan yang menyabet Sertifikat Predikat Konstruksi Berkelanjutan ‘Madya’.

Baca Juga: Tak Ada Isu dan Kendala Berarti, Jambi Segera Pecah Telur Miliki Jalan Tol Pertama di Wilayahnya: Dibangun Go Green dan Estetik 

Penyerahan sertifikat ini menandai pengakuan atas keberhasilan dalam menerapkan prinsip-prinsip Konstruksi Bekerlanjutan sesuai Peraturan Menteri PUPR No.9 Tahun 2021.

Ruas jalan tol di Sumut tersebut yang dimaksud adalah jalan tol Binjai – Langsa Seksi Binjai – Stabat.

Sebagai informasi, jalan tol Binjai – Stabat merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan.

Baca Juga: Konstruksi JTTS Tahap I Sisakan 8 Ruas Ini! Selain di Sumatera Barat, Berikut Tol Lainnya yang Masih Belum Kelar Juga: Butuh Suntikan Dana Lagi? 

Mega proyek pembangunan jalan tol tersebut merupakan pilot project untuk penerapan green construction di lingkungan PT Hutama Karya (Persero) Group.

HKI telah mengimplementasikan kriteria konstruksi berkelanjutan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Konservasi energi dengan penggunaan LED dan smart lamp serta solar cell,

Konservasi air dengan penggunaan saniter hemat air serta rumput solid sodding,

Baca Juga: Salah Satu Ruas Tol di Jambi Diprioritaskan! Langsung Dapat Jatah Dana Paling Besar Dibandingkan Ruas Lainnya: Jalan Tol Mana yang Dimaksud? 

Penghijauan dengan penanaman pohon berkayu serta tenaman perdu berbunga,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat