bdadinfo.com

Jokowi Tiba-tiba Singgung Sumatera Barat Saat Peresmian Tol Bangkinang – Koto Kampar di Riau, Penyelesaian Jalan Tol Padang – Sicincin Dibahas? - News

Jokowi Tiba-tiba Singgung Sumatera Barat Saat Peresmian Tol Bangkinang – Koto Kampar di Riau, Penyelesaian Jalan Tol Padang – Sicincin Dibahas? (bpjt.pu.go.id)

– Warga Riau sedang bersukacita dengan penyelesaian jalan tol Bangkinang – Koto Kampar pada akhir Mei 2024 lalu.

Peresmian yang dilakukan di Gerbang Tol Koto Kampar tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi tiba-tiba menyebut-nyebut Kota Padang di Sumatera Barat.

Baca Juga: Instruksi Menohok Jokowi ke Pemda Setempat saat Resmikan Jalan Tol Penghubung Riau – Sumbar: Gubernur, Bupati, hingga Wali Kota Disebut Semua

Bagaimana dengan progres jalan tol Padang – Sicincin yang terus bergulir di sana?

Ruas jalan tol sepanjang 24,7 km yang baru diresmikan di Riau diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Jalan Tol Pekanbaru – Padang Ruas Bangkinang – Pangkalan Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar ini memiliki panjang 24,7 Km dengan total nilai investasi sebesar Rp4,833 Trilun.

Baca Juga: Bisa Digeber Hingga 80 KM Per Jam, Tol Baru di Riau Ini Sanggup Pangkas Waktu Tempuh Perjalanan dari Pekanbaru dan Bangkinang ke Koto Kampar Jadi… 

Jalan tol ini dimulai pembebasan lahannya pada bulan Mei 2019 dan dilanjutkan pelaksanaan konstruksi.

Dalam sambutannya di acara peresmian tersebut, Jokowi menerangkan bahwa ruas jalan tol tersebut merupakan sektor penting untuk penguhubung Riau-Sumatera Barat.

Jalan bebas hambatan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat dan menjadi tonggak bagi pembangunan infrastruktur yang nantinya akan membawa dampak positif untuk percepatan pertumbuhan ekonomi serta mobilitas antardaerah.

Baca Juga: Tak Hanya Riau yang Diuntungkan dari Peresmian Tol Bangkinang-Koto Kampar, Warga Sumbar Juga Ikut Bersorak-sorak: Sumatera Barat Memangnya Dapat Apa? 

“Ini adalah sirip dari tol Trans Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun akan sambung-sambung dan nanti sampai Pekanbaru, sampai ke Kota Padang,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada pemerintah daerah supaya dapat membuat perencanaan untuk rancangan dari arah tol menuju kawasan produktif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat