bdadinfo.com

Warga Riau Beri Respon Diresmikannya Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar Senilai Rp4,8 Triliun: Dulu Koto Kampar ke Pekanbaru Butuh Waktu Lama Kini… - News

Warga Riau Beri Respon Diresmikannya Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar Senilai Rp4,8 Triliun: Dulu Koto Kampar ke Pekanbaru Butuh Waktu Lama Kini… (bpjt.pu.go.id)

– Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,  dan Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, turut hadir dalam peresmian jalan tol Bangkinang – Koto Kampar di Gerbang Tol Koto Kampar, Riau pada 31 Mei 2024 lalu.

Pembangunan jalan tol yang menghabiskan nilai investasi mencapai Rp4,8 triliun ini mendapatkan respon positif dari warga Riau.

Salah satu manfaat yang paling terasa adalah mampu mempersingkat waktu tempuh dari Pekanbaru ke Koto Kampar atau sebaliknya.

Baca Juga: Berkat Baru Diresmikannya Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar, Provinsi Riau dan Sumbar Makin Erat: Rupanya Ada Hubungan Timbal Balik Antara Keduanya

Jalan tol dengan panjang lintasan total mencapai 24,7 km ini juga diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatan konektivitas antarwilayah.

Ruas jalan tol Bangkinang – Koto Kampar sekaligus menjadi ruas penting untuk sektor kawasan penting penghubung Riau dan Sumatera Barat (Sumbar).

Menurut Presiden Jokowi, jalan tol ini menjadi tonggak bagi pembangunan infrastruktur yang akan membawa dampak positif.

Baca Juga: Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar Jadi Tonggak Pembangunan Infrastruktur, Perekonomian dan Mobilitas di Riau Siap Bersaing dengan Wilayah Lain

“Ini adalah sirip dari tol Trans Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun akan sambung-sambung dan nanti sampai Pekanbaru, sampai ke Kota Padang,” ujarnya.

Dengan hadirnya jalan tol ini, pemerintah daerah diharapkan mampu membuat perencanaan matang untuk rancangan dari arah tol menuju kawasan produktif.

Baik untuk kawasan pertanian, perkebunan dan pariwisata, sehingga betul-betul ril ada manfaatnya rakyat dan bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga: Warga Riau Bersukacita! Penantian Panjang 5 Tahun Jalan Tol yang Bolak-balik Dibuka Fungsional Sejak 2023 Akhirnya Resmi Beroperasi di 2024

Untuk diketahui, jalan tol ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan mobilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera.

Berbagai respon pun diberikan oleh warga Riau yang telah menantikan realisasi pembangunan jalan tol yang sudah dimulai sejak 2019 tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat