bdadinfo.com

Berkat Baru Diresmikannya Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar, Provinsi Riau dan Sumbar Makin Erat: Rupanya Ada Hubungan Timbal Balik Antara Keduanya - News

Berkat Baru Diresmikannya Jalan Tol Bangkinang – Koto Kampar, Provinsi Riau dan Sumbar Makin Erat: Rupanya Ada Hubungan Timbal Balik Antara Keduanya (bpjt.pu.go.id)

– Provinsi yang mampu menyelesaikan mega proyek pembangunan jalan tol di wilayahnya patut diapresiasi.

Pasalnya, dengan memiliki jalan bebas hambatan di wilayahnya akan memberikan multiplier effect yang tak main-main.

Salah satunya adalah keberhasilan Riau untuk merampungkan satu lagi jalan tol di wilayahnya yakni tol Bangkinang – Koto Kampar.

Baca Juga: Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar Jadi Tonggak Pembangunan Infrastruktur, Perekonomian dan Mobilitas di Riau Siap Bersaing dengan Wilayah Lain

Hadirnya jalan tol tersebut membuat hubungan antara Riau dan Sumatera Barat (Sumbar) semakin erat.

Usut punya usut, rupanya ada hubungan timbal balik saling menguntungkan di antara kedua provinsi bertetangga tersebut jika jalan tol hadir di tengah-tengahnya.

Sebagai informasi, jalan tol Bangkinang – Koto Kampar baru diresmikan pada 31 Mei 2024 oleh Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR, dan Pj Gubernur Riau yang berlokasi di Gerbang Tol Koto Kampar.

Baca Juga: Warga Riau Bersukacita! Penantian Panjang 5 Tahun Jalan Tol yang Bolak-balik Dibuka Fungsional Sejak 2023 Akhirnya Resmi Beroperasi di 2024

Jalan tol Bangkinang – Koto Kampar merupakan bagian dari jalan tol Pekanbaru – Padang ruas Bangkinang - Pangkalan.

Jalan tol yang memiliki panjang lintasan total mencapai 24,7 km tersebut adalah salah satu mega Proyek Strategis Nasional (PSN) yang juga merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Dalam pembangunannya yang dimulai sejak tahun 2019 hingga 2024 ini, jalan tol tersebut telah menyedot anggaran hingga Rp4,8 triliun.

Baca Juga: Tiba-tiba Jambi Jadi Anak Emas! Rupanya Ini Alasan Negara Suntik Dana Pembangunan Jalan Tol Paling Fantastis di Wilayahnya Dibandingkan Provinsi Lain 

Anggaran yang tak sedikit tersebut sepadan dengan dampak positif yang akan dipetik Riau dan sekitarnya dengan hadirnya jalan tol Bangkinang – Koto Kampar ini.

Pasalnya, jalan tol ini juga telah didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat