bdadinfo.com

Salah Satu Ruas Tol di Jambi Diprioritaskan! Langsung Dapat Jatah Dana Paling Besar Dibandingkan Ruas Lainnya: Jalan Tol Mana yang Dimaksud?  - News

Salah Satu Ruas Tol di Jambi Diprioritaskan! Langsung Dapat Jatah Dana Paling Besar Dibandingkan Ruas Lainnya: Jalan Tol Mana yang Dimaksud?  (kementerian pupr)

– Salah satu ruas tol di Provinsi Jambi kabarnya langsung menjadi prioritas dalam mega proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Hal ini dibuktikan dari dana yang digelontorkan untuk realisasi jalan tol di provinsi tersebut mendapatkan jatah dana terbesar jika dibandingkan dengan jalan tol tahap konstruksi di provinsi lainnya.

Diketahui, dalam kurun waktu satu dekade terakhir ini 8 provinsi di Sumatera telah terhubung melalui jalan tol.

Baca Juga: Rp5 Triliun Digelontorkan Negara Demi Tuntaskan Jalan Tol yang Masih Konstruksi, Selain Tol di Sumbar Berikut Provinsi Lainnya yang Kebagian Jatah 

Pencapaian ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri dan tidak lepas dari adanya dukungan dari pemerintah.

Melalui Penyertaan Modal Negara (PMN), pemerintah memberikan sejumlah dana untuk pembangunan JTTS mulai tahun 2015 silam.

Selama satu dekade terakhir, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil menghubungkan konektivitas 8 provinsi di Sumatera melalui ketersediaan infrastruktur jalan tol. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan sejak tahun 2015.

Baca Juga: Jambi Jadi Anak Kesayangan! Rp13 Triliun Dikucurkan Demi Konstruksi JTTS Tahap II: Ruas Ini Dapat Suntikan Paling Besar Dibandingkan Jalan Tol Lainnya

PMN yang digelontorkan pun tak main-main yakni sebesar Rp112,5 triliun sejak 2015 hingga 2023 lalu.

Dengan PMN tersebut, panjang JTTS Tahap I yang sudah berhasil dibangun yakni mencapai 809 km.

Dengan total ruas JTTS yang sudah beroperasi penuh yakni mencapai 9 ruas.

Baca Juga: Pangkas Waktu Palembang - Prabumulih Jadi 1 Jam, Tak Heran Tol Ini Jadi Andalan dengan Pertumbuhan Trafik Tertinggi Dibandingkan Ruas JTTS Lainnya

Jalan tol yang sudah beroperasi penuh tersebut antara lain jalan tol Palembang – Indralaya, Pekanbaru – Dumai, Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyampaikan PMN senilai Rp18,6 triliun akan mengakselerasi pembangunan jalan tol di Sumatera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat