bdadinfo.com

Rp5 Triliun Digelontorkan Negara Demi Tuntaskan Jalan Tol yang Masih Konstruksi, Selain Tol di Sumbar Berikut Provinsi Lainnya yang Kebagian Jatah  - News

Rp5 Triliun Digelontorkan Negara Demi Tuntaskan Jalan Tol yang Masih Konstruksi, Selain Tol di Sumbar Berikut Provinsi Lainnya yang Kebagian Jatah  (hutamakarya.com)

– Selama satu dekade terakhir, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera memang tengah dibangun secara masif.

Demi mendukung percepatan realisasinya, negara tak tanggung-tanggung memberikan dukungannya lewat Penyertaan Modal Negara (PMN).

Untuk pembangunan JTTS Tahap I, sejumlah ruas yang masih dalam tahap konstruksi pun ditolong dengan dana segar tersebut.

Baca Juga: Jambi Jadi Anak Kesayangan! Rp13 Triliun Dikucurkan Demi Konstruksi JTTS Tahap II: Ruas Ini Dapat Suntikan Paling Besar Dibandingkan Jalan Tol Lainnya

Setidaknya ada bagi-bagi jatah sebanyak Rp5 triliun yang akan disalurkan untuk sejumlah ruas tol yang belum selesai juga di tahun 2024 ini, salah satunya adalah tol yang ada di Sumbar.

Saat ini setidaknya sudah ada konektivitas jalan tol baru di Sumatera yang dapat terhubung di 8 (delapan) provinsi.

Dukungan pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) juga sudah diberikan sejak tahun 2015 hingga 2023 lalu.

Baca Juga: Pangkas Waktu Palembang - Prabumulih Jadi 1 Jam, Tak Heran Tol Ini Jadi Andalan dengan Pertumbuhan Trafik Tertinggi Dibandingkan Ruas JTTS Lainnya

Hutama Karya sendiri selaku salah satu kontraktor JTTS telah merealisasikan pemanfaat PMN sebesar 76 persen dari total nilainya yang mencapai Rp112, triliun.

Pembangunan jalan tol di Sumatera untuk Tahap I pun sudah berhasil terbangun sepanjang 809 km.

Dengan total JTTS yang sudah beroperasi penuh yakni sebanyak 9 (sembilan) ruas antara lain, jalan tol Palembang – Indralaya, Pekanbaru – Dumai, Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

Baca Juga: Tiba-tiba Jambi Jadi Anak Emas! Rupanya Ini Alasan Negara Suntik Dana Pembangunan Jalan Tol Paling Fantastis di Wilayahnya Dibandingkan Provinsi Lain 

Kemudian, demi mengakselerasi pembangunan jalan tol Tahap I setidaknya ada Rp18,6 triliun PMN yang dapat dimanfaatkan juga untuk melanjutkan pengusahaan pembangunan tol di Tahap II.

Secara rinci, maka ada dana bersih senilai Rp5,17 triliun yang diperuntukkan untuk penyelesaian JTTS Tahap I.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat