bdadinfo.com

Diskominfotik Sumbar Publikasikan Perkembangan Terkini Penanggulangan Bencana Banjir dan Longsor - News

Diskominfotik Sumbar Publikasikan Perkembangan Terkini Penanggulangan Bencana Banjir dan Longsor. (Ist)

- Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar mempublikasikan perkembangan terkini penanggulangan bencana banjir dan longsor di daerah itu.

Publikasi itu dikemas dalam jumpa pers pada Jumat, 7 Juni 2024, di Aula Lantai 2 Kantor Diskominfotik Provinsi Sumatera Barat, Jalan Pramuka No. 11 A Padang.

Kepala Diskominfotik Sumbar, Siti Asiyah mengatakan, tujuan dari acara ini adalah untuk mempublikasikan perkembangan terkini mengenai upaya penanggulangan bencana banjir dan longsor/lahar di wilayah Sumatera Barat.

Baca Juga: Diskominfo Agam Tinjau Blankspot dan Sinyal Lemah di Nagari Nan Limo Kecamatan Palupuh

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi pemerintahan dan vertikal yang terkait dengan penanggulangan bencana, termasuk BPBD Provinsi Sumbar, Dinas BMCKTR Provinsi Sumbar, Dinas SDA dan Bina Konstruksi Provinsi Sumbar, Dinas Hortikultura, Tanaman Pangan dan Perkebunan Provinsi Sumbar, Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Inspektorat Provinsi Sumbar, Dinas Perkimtan Provinsi Sumbar, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Balai Jalan Nasional (BJN) Provinsi Sumbar, Balai Wilayah Sumatera V, Kepala PVMBG Bukit Tinggi, Balai Penyediaan Perumahan Sumatera 3, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumbar, serta media cetak, media elektronik, dan media online, dan tamu undangan lainnya.

Jumpa pers ini dipandu langsung oleh Kepala Diskominfotik Sumbar, Siti Aisyah, dengan narasumber Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Hansastri, yang didampingi Kalaksa BPBD Sumbar, Rudy Rinaldi.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdaprov Hansastri menegaskan bahwa Pemprov Sumbar akan transparan dalam pengelolaan dana bantuan bagi korban bencana.

Baca Juga: Gandeng Diskominfo, Disparpora Agam Tingkatkan Kedisiplinan Petugas Objek Wisata dengan Absensi Online

“Kami selalu transparan dalam pengelolaan dana bantuan ini. Bantuan diterima pada dua rekening, yakni Baznas dan DPKAD,” katanya.

Berdasarkan data yang dipaparkan Sekdaprov Hansastri, pada dua rekening penerima di Baznas, jumlah total bantuan yang masuk adalah sebagai berikut:
– Rekening Bank Nagari: Rp459.161.305,-
– Rekening BSI: Rp164.554.601,-
– Bantuan yang diterima tunai: Rp8.008.500,-
Total bantuan yang diterima adalah Rp631.724.406,-.

Sementara itu, bantuan yang masuk ke kas daerah melalui DPKAD berasal dari:
– Pemprov Kepri: Rp1 miliar
– Karimun: Rp200 juta
– Pemprov Riau: Rp500 juta

“Terkait pemberi bantuan yang belum dicantumkan, sebagaimana informasi bapak/ibu, nanti akan kami telusuri,” pungkasnya.

Dengan adanya jumpa pers ini, diharapkan informasi mengenai penanganan bencana di Sumatera Barat dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat