bdadinfo.com

Selamat Tinggal Jalan Lintas Timur Palembang! Efek Berganda Jalan Tol Jambi-Lampung Hemat BBM dan Pangkas Jarak Tempuh Perjalanan ke Jakarta - News

Pembangunan mega proyek Jalan Tol dari Lampung hingga Jambi bakal terhubung di awal tahun 2025 mendatang. pembangunan Jalan Tol dari Palembang menuju Jambi. Dengan rampungnya pengerjaan ini, maka nantinya jalan tol dari Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan akan langsung terhubung hingga Provinsi J

- Pembaruan infrastruktur jalan tol menjadi berita utama ketika beberapa segmen Tol Trans Sumatera dicoret dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN), menggagalkan rencana jaringan tol yang terhubung dari Lampung hingga Aceh.

Namun, optimisme tumbuh di Kota Jambi dengan konfirmasi bahwa mega proyek ini akan memastikan koneksi dari Lampung ke Jambi.

Keberhasilan penyelesaian proyek ini diharapkan menjadi angin segar bagi warga Kota Jambi yang nantinya akan menikmati akses yang lebih mudah dan cepat ke Jakarta.

Baca Juga: Dorong Hilirisasi, PLN Pasok Daya 170 MVA Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik

Dengan jalur tol yang baru, waktu tempuh diperkirakan akan terpangkas signifikan dibandingkan dengan menggunakan jalan lintas timur Palembang yang saat ini kerap mengalami kemacetan.

Antisipasi warga Jambi terhadap pembangunan ruas tol Simpang Betung, Tempino, dan Jambi meningkat, mengingat pentingnya tol Betung-Jambi sebagai penghubung strategis antarprovinsi di Sumatera.

Meski ruas ini tidak akan melewati langsung Kota Jambi, keberadaannya di Kabupaten Muaro Jambi, Kecamatan Mestong, diharapkan mempersingkat jarak ke Jakarta via Bakauheni Lampung.

Baca Juga: Toyota Gelontorkan Dana Rp4,5 Triliun untuk Investasi Pabrik Mesin di Amerika Serikat

Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang keseluruhan yakni 169,9 km.

Jalan Tol ini akan dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness.

Saat ini tengah dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 Km yang merupakan Jalan Tol pertama di Provinsi Jambi menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung.

Untuk progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino saat ini telah mencapai 29,12% ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino merupakan upaya besar Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas khususnya di Pulau Sumatera sehingga dapat memangkas waktu perjalanan yang semula 4 hingga 5 jam menjadi 1,5 jam saja sehingga dapat menghemat waktu perjalanan hingga 50%.

Jalan Tol yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini telah mendapat dukungan masyarakat, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan selesai tepat waktu sesuai dengan target penyelesaiannya dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi, yakni melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 Km dan dukungan konstruksi Pemerintah sepanjang 34 Km

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat