bdadinfo.com

Pertamina Mewujudkan Misi Penyaluran Energi untuk Kesejahteraan Masyarakat - News

Peran Strategis Pertamina dalam Penyaluran Energi Nasional

PT Pertamina (Persero) telah berhasil menunaikan tugas istimewa dari Pemerintah untuk menyediakan energi bagi masyarakat.

Hal ini terbukti dalam rapat tahunan pemegang saham perusahaan untuk tahun buku 2023, yang diselenggarakan di Kementerian BUMN, Jakarta, pada Senin, 10 Juni 2024.

Menurut siaran pers yang diterima oleh InfoPublik pada Selasa, 11 Juni 2024, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menegaskan bahwa mandat Pertamina sebagai BUMN energi adalah menjaga ketahanan energi nasional dengan prinsip availability, accessibility, affordability, acceptability, dan sustainability.

Baca Juga: Ayam Kampuang Lado Ijau, Kenikmatan Pedas yang Mendunia dari Ranah Minang

Nicke menjelaskan bahwa Pertamina memiliki beberapa penugasan dari Pemerintah untuk memastikan ketersediaan, keterjangkauan, dan keadilan energi.

Ini menjadi fokus utama Pertamina dalam menjalankan bisnisnya, mulai dari hulu migas hingga distribusi produk untuk industri, komersial, dan masyarakat serta rumah tangga.

Salah satu peran utama Pertamina adalah menyediakan dan mendistribusikan paket perdana LPG 3 kg untuk kapal penangkap ikan dan mesin pompa air bagi nelayan dan petani.

Baca Juga: Pantai di Pulau Sentosa Singapura Resmi Tutup, Ternyata Ini Penyebabnya

Perusahaan dilaporkan juga mendukung pengembangan infrastruktur seperti jaringan gas rumah tangga, termasuk yang digunakan untuk kawasan inti pusat pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Fadjar Djoko Santoso, Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan, menyatakan bahwa Pertamina terus berkolaborasi dengan semua pihak terkait untuk menjalankan tugas tersebut.

Keberhasilan Pertamina dalam menjalankan tugas ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah, yang memastikan penyaluran energi berjalan lancar, aman, dan sesuai peruntukannya.

Baca Juga: Jennie BLACKPINK Debut Jadi Model Runway Brand Terkenal Dunia Jacquemus, Penampilannya Sungguh Menawan dan Sempurna!

"Kami mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung pendistribusian energi, sehingga penugasan ini dapat terlaksana sesuai target," ujar Fadjar.

Pertamina, sebagai pemimpin dalam transisi energi, berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan mendorong program-program yang berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat