bdadinfo.com

Dinas Kominfo Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Meta Data dan Pemetaan Kebutuhan Data - News

Dinas Kominfo Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Meta Data dan Pemetaan Kebutuhan Data (IST)


KOTA PARIAMAN, - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Meta Data dan Pemetaan Kebutuhan Data, yang diikuti oleh seluruh OPD se Kota Pariaman, di Balairung rumah dinas walikota, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, Kamis (20/6/2024).

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Riky Falantino, dan dihadiri oleh Kepala BPS Kota Pariaman, Yuliandri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pariaman, Syukri, serta Narasumber dari BPS Provinsi Sumatera Barat serta Kabid Statistik Dinas Kominfo, Devi Hariandi.

“Membangun data itu sangat mahal, tetapi membangun tanpa data, jauh lebih mahal, karena itu pentingya data yang akurat dalam setiap pengambilan keputusan,” ujar Riky.

Baca Juga: Soroti Pola Asuh Anak, Erman Safar: Orang Tua Berperan Penting dalam Pendidikan Anak

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa data memiliki peranan sangat penting untuk proses kegiatan pembangunan dan pemerintahan, data juga berperan untuk perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi. Berkualitas tidaknya proses perencanaan tersebut tergantung pada ketersediaan data yang berkualitas.

“Data yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan, merupakan hal yang penting untuk menjadi dasar penentuan kebijakan pemerintah yang efektif dan tepat sasaran. Dan hal ini juga sesuai dengan Perpres No 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI), yang mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh Instansi Pusat dan Instansi Daerah, untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan,” ungkapnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat