bdadinfo.com

Si Raja Paket Bus ALS Satu-satu Oto Bus Asal Medan Taklukkan Tikungan Maut Kuburan Duo di Ruas Panti-Pasaman Barat - News

Perusahaan otobus ALS menjadi satu-satunya bus Sumbar-Medan yang melintasi tikungan patah di Kuburan Duo. Tikungan ekstrim itu berada di ruas Panti-Pasaman Barat.

- Antar Lintas Sumatera (disingkat ALS) adalah sebuah perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat dan barang yang berasal dari Sumatera Utara.

ALS pada awalnya didirikan di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara pada tanggal 29 September 1966 dan kemudian ALS berpindah kantor pusat di Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara.

ALS merupakan operator bus terbesar dan tertua di pulau Sumatra dan salah satu pemilik trayek terjauh di Indonesia dengan rute Medan di Sumatera Utara hingga Jember di Jawa Timur.

Baca Juga: Keren! Tertinggal dari Slowakia, Ukraina Lakukan Comeback dan Sukses Meraih Kemenangan

Di samping itu, ALS juga melayani trayek ke banyak kota di pulau Sumatra dan pulau Jawa.

Awal pendiriannya pada tahun 1966, ALS hanya melayani trayek Medan–Kotanopan lalu kemudian menyusul trayek Medan–Bukittinggi.

Pada tahun 1972, ALS membuka trayek ke berbagai kota di Sumatera, seperti ke Banda Aceh, Padang, Pekan Baru, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung.

Baca Juga: Siap Jadi Primadona! Menteri Perhubungan Kembali Tinjau Proyek Bandara IKN, Pastikan Pembangunan Berjalan Lancar

Pada tahun 1970-an, di mana kendaraan belum bisa menyeberang ke pulau Jawa karena belum tersedianya kapal feri ro-ro.

ALS sudah membuka trayek ke berbagai tujuan di pulau Jawa dengan memakai jasa agen yang mengurus pemberangkatan penumpang dari pelabuhan Merak dengan kendaraan lain.

Pada tahun 1980-an, ketika mobil sudah bisa menyeberang ke Jawa dengan naik kapal feri ro-ro, ALS membuka trayek langsung ke Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Baca Juga: Gubernur Berharap Pengukuhan Kepala OJK Sumbar Makin Berdampak Positif bagi Perekonomian Daerah

Kemudian menyusul trayek ke kota Malang dan Jember. Bahkan, ALS pernah membuka trayek hingga ke pulau Bali.

Namun harus ditutup rutenya pada tahun 2003 mengingat waktu dan jarak tempuh yang ditempuhnya sangat jauh ditambah dengan kondisi mesin bus nya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat