bdadinfo.com

Menko PMK, Panglima dan Kapolri Pantau Persiapan Pelabuhan Merak Saat Arus Mudik 2023 - News

Menko PMK, Panglima dan Kapolri Pantau Persiapan Pelabuhan Merak Saat Arus Mudik 2023. (republika)

 - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung kesiapan Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Banten Senin 10 April 2023 lalu untuk memastikan persiapan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah.

Saat berkunjung, Muhadjir memeriksa secara langsung sarana dan prasarana penunjang diwilayah pelabuhan yang sudah disiapkan, mulai penambahan rest area, tempat parkir, dan aturan cara penggunaan Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Dia juga memastikan kesiapan armada laut kapal feri yang nantinya akan digunakan untuk mengangkut para pemudik.

Baca Juga: Wujudkan Mudik Aman untuk Masyrakat, Kapolri Tinjau Pelabuhan Merak

Mengamati pengalaman tahun lalu, pada tahun 2023 akan ada beberapa kebijakan untuk penyesuaian dalam penanganan penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni begitu pula sebaliknya.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam evaluasi penanganan arus mudik tahun lalu.

Penyesuaian tersebut juga dilakukan karena adanya prediksi lonjakan jumlah pemudik yang diperkirakan tahun ini mencapai 123 juta orang.

Baca Juga: Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Pastikan Upaya Mudik Aman untuk Masyarakat

"Beberapa keputusan sudah kita sepakati. Pertama, penambahan pelabuhan yang semula hanya Merak-Bakauheni, sekarang ditambah Pelabuhan Ciwandan yang tahun kemarin sifatnya hanya emergency hanya kondisional. Sekarang kita pastikan Pelabuhan Ciwandan akan dijadikan tempat penyeberangan di samping Pelabuhan Merak," ucap Muhadjir Jakarta, Selasa 11 April 2023.

"Kedua, dari arah Sumatra juga akan ada penambahan yaitu Pelabuhan Panjang. Jadi dengan demikian dari Pelabuhan Ciwandan bisa menuju Pelabuhan Bakauheni atau Pelabuhan Panjang, dan itu sudah diatur dengan baik oleh ASDP, kepolisian, dan TNI," lanjut Muhadjir.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit, juga menyampaikan skenario rakayasa lalu lintas yang akan digunakan saat mengurai kepadatan, diwilayah Pelabuhan Merak dan Ciwandan.
Listyo berpesan agar para pemudik dapat mengatur waktu perjalannya dengan baik dan memilih waktu yang tepat.

"Polri akan mempersiapkan pengawalan baik yang memilih siang ataupun malam. Sehingga di jalan tidak ada gangguan kejahatan khususnya di jalur setelah turun dari Bakauheni dan mengarah ke tujuan masing-masing," ucap Listyo Sigit.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengingatkan kepada para kru kapal untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Hal tersebut disampaikan karena di kapal sangat rawan terjadi kebocoran, kebakaran, juga kecelakaan laut akibat cuaca dan arus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat