bdadinfo.com

Kemenkes Siapkan 2 Ribu Lebih Posko Kesehatan yang Tersebar di Rest Area, Exit Tol, hingga Tempat Wisata - News

Kementerian Kesehatan Siapkan Posko Kesehatan untuk Pemudik (Istimewa)

- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas kesehatan bagi pemudik yang melaksanakan mudik Lebaran 2023. Kemenkes menyiagakan Puskesmas dan Rumah Sakit serta sarana tambahan seperti posko kesehatan dan ambulans motor.

Total, Kemenkes saat arus mudik Lebaran 2023 akan menyiagakan 10.374 Puskesmas dan tiga ribuan rumah sakit di seluruh Indonesia, 2.074 posko kesehatan yang jumlahnya masih akan terus bertambah, serta 352 unit ambulans motor Public Safety Center.

Kemenkes akan menempatkan posko kesehatan di rest area tol, di exit tol, dan juga di jalan arteri, di tempat-tempat ibadah seperti masjid raya, dan di tempat wisata. Adapun penempatan posko kesehatan di jalan arteri akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan masing-masing wilayah.

Baca Juga: Alami Kenaikan Kasus Covid-19 Varian Arcturus, Kemenkes Ungkap Gejala yang Ditimbulkan

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan, layanan kesehatan yang disiagakan oleh Kemenkes di masing-masing posko kesehatan berupa pelayanan kesehatan medik dasar.

dr Maxi menambahkan, apabila para pemudik harus dirujuk maka akan dilakukan evakuasi oleh ambulans yang tersedia di posko kesehatan ke rumah sakit yang terdekat.

''Nantinya setiap posko kesehatan akan melaporkan pendataan dari pemudik yang berkunjung supaya bisa dilihat jika ada peningkatan tren penyakit,'' ujar Dirjen Maxi, keterangan tertulis dikutip Selasa, 18 April 2023.

Baca Juga: Panglima TNI Beberkan Detik Detik Prajurit TNI Kontak Senjata dengan KST Papua, Kepanikan Melanda

Kemenkes juga akan menempatkan petugas posko kesehatan yang akan berjaga selama 24 jam secara shifting. Dalam mewujudkan hal tersebut, Kemenkes telah berkerja sama dengan dinas kesehatan serta pemerintah terkait.

Semnetara itu, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, dr. Yanti mengimbau, masyarakat yang hendak melakukan mudik Lebaran untuk memperhatikan sejumlah hal, antara lain: pemudik harus dalam kondisi sehat, memanfaatkan rest area yang ada, kemudian sebelum berangkat memilih jalur mudik yang terdapat titik posko kesehatan.

''Manfaatkan rest area yang ada untuk istirahat, peregangan minimal 10 menit kalau perlu tidur di rest area. Kalau memang ada gejala lakukan pemeriksaan di posko kesehatan, dan diimbau untuk vaksin booster 1 dan 2,'' tutur dr. Yanti.

***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat