bdadinfo.com

BMKG Soal Gempa Teknonik Selatan Jawa dan Yogyakarta Kamis 8 Juni 2023: Parameter Update 5,8 Magnitudo! - News

Ilustrasi gempa  Bumi

- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan pemutakhiran data ihwal gempa yang menguncang Pacitan, Jawa Timur dan Yogyakarta, Kamis 8 Juni 2023.

Adapun gempa yang mengguncang selatan Jawa ini terjadi pada pukul 00.04 WIB.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan, berdasarkan hasil analisis pihaknya, dinyatakan bahwa kekuatan gempa mengalami perubahan dari yang tadinya 6,0 magnitudo menjadi 5,8.

Baca Juga: Sederet Gempa yang Landa Wilayah Indonesia Sejak 6 Juni hingga Hari Ini

"Wilayah selatan Jawa, Daerah Istimewa Yogyakarta diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,8," kata Dwikorita dalam keterangannya, Rabu 8 Juni 2023.

Disebutkan pula bahwa episenter atau pusat gempa berada laut pada jarak 128 kiloneter arah selatan Gunungkudul, pada kedalaman 46 kilometer.

Sementara itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, pihaknya belum menerima laporan dampak kerusakan dari gempa yang terjadi hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan.

Baca Juga: Breaking News: Gempa Pacitan Jawa Timur Tak Berpotensi Tsunami Tengah Malam Hari Ini

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," jelas Daryono.

Dituturkan Daryono, gempa 5,8 magnitudo ini dirasakan di Yogyakarta Ponorogo, Wonogiri, Solo, Madiun, Nganjuk, Blitar, Karangkates, Banjarnegara, Semarang, Kendal, Jepara, dan Demak.

Masing-masing daerah memiliki skala intensitasnya masing-masing.

Baca Juga: Arti Mimpi Memotong Rambut, Ini yang Terjadi dalam Kehidupan Anda!

Sampai dengan pukul 00.47 WIB berdasarkan monitoring BMKG, telah terjadi 9 kali gempa susulan. Magnitudo terbesarnya ada di angka 4,1.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat