bdadinfo.com

31 Santri Pondok Pesantren Al Islamiyah Mengalami Keracunan Massal - News

Puluhan santri diduga keracunan. (Instagram @infobdgbaratcimahi)

- Hari Minggu, 25 Juni 2023, terjadi insiden yang mengejutkan di Pondok Pesantren Al Islamiyah, Kampung Warung Domba, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sebanyak 31 santri mengalami keracunan massal.

Kondisi tersebut mengharuskan seluruh santri yang terkena keracunan untuk menerima perawatan di Puskesmas Cikalongwetan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan. Mereka mengalami gejala mual, muntah-muntah, dan pusing.

Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Wijayanto, menjelaskan bahwa 31 santri tersebut diduga mengalami keracunan akibat makanan yang mereka konsumsi pada pagi hari.

Namun, masih belum dapat dipastikan jenis makanan yang menyebabkan keracunan tersebut.

Baca Juga: Mahasiswa KKN di Kota Padang Sumatera Barat Diusir Warga Setelah Buat Konten Sindir Fasilitas Dilokasi

"Dari total 31 santri yang mengalami keracunan, 24 di antaranya dirawat di Puskesmas Cikalongwetan, sementara 4 orang lainnya dibawa ke RSUD Cikalongwetan. Sedangkan sisanya sudah dipulangkan setelah menjalani proses observasi," ungkap Hernawan saat dihubungi pada malam hari Minggu, 25 Juni 2023.

Hernawan menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, para santri tersebut mengalami gejala yang serupa akibat keracunan, seperti mual, muntah-muntah, dan pusing.

Oleh karena itu, mereka membutuhkan penanganan medis yang tepat.Gejala-gejala tersebut mulai dirasakan secara bertahap oleh para santri sejak pagi hingga siang hari.

Kemudian, pada sore hari, gejala serupa juga dirasakan oleh santri lainnya. Akhirnya, diketahui bahwa sebanyak 31 orang santri mengalami keracunan.

Penyebab Keracunan Masih Dalam Penyelidikan

Kendati telah diketahui bahwa 31 santri mengalami keracunan massal, penyebab pastinya masih dalam tahap penyelidikan.

Baca Juga: Kreasi Masakan: Makin Nikmat Dibuat Seperti Ini! Simak Ayam Goreng Rempah Sambal Masam Belimbing ala Chef Rudy

Pihak berwenang akan melakukan serangkaian penelitian dan analisis untuk mengungkapkan penyebab yang sebenarnya.

Selama ini, makanan yang dikonsumsi oleh santri di Pondok Pesantren Al Islamiyah telah dijaga dengan baik dan memenuhi standar kebersihan dan keamanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat