bdadinfo.com

Berita Duka! 311 Jamaah Haji Indonesia Meninggal Dunia, Begini Cara Cek Data Diri Mereka yang Wafat - News

Ilustrasi jamaah haji Indonesia tahun 2023 (Kementerian Agama)

- Berita duka datang dari Tanah Suci. Pada hari Senin, 3 Juli 2023, jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia telah mencapai 311 orang.

Angka ini mengalami peningkatan dari laporan sebelumnya yang disampaikan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, pada Minggu malam, 2 Juli 2023.

"Per hari ini 304 (jemaah haji meninggal di Tanah Suci, dan tentu kita berharap angka ini tidak bertambah," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas usai memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pelayanan Haji Pasca-Armina di Makkah.

Baca Juga: Peringatan Gaddafi, Konsekuensi Imigrasi ke Eropa Mengkhawatirkan

Namun, berdasarkan pantauan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag pada 3 Juli 2023, jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal telah mencapai 311 orang.

Terus meningkatnya angka jemaah haji Indonesia 2023 yang meninggal dunia membuat Menag mengimbau para jamaah untuk tidak memaksakan diri dalam melaksanakan ibadah sunah. 

Dirinya pun berharap kepada para jemaah haji Indonesia yang masa tinggalnya di Tanah Suci masih lama untuk terus memperhatikan kondisi kesehatannya.

Baca Juga: Singkat, Padat, dan Jelas, Inilah Jargon Gibran ketika Dirinya Dikritik oleh Lawan Politik beserta Buzzernya

"Kita ini beragama tujuannya untuk mencapai ridho Allah. Ridho Allah itu kita bisa dapatkan kalau kita memiliki keikhlasan dan tidak memaksakan. Agama itu kalau kata orang Jawa sakdermo, secukupnya, tidak boleh berlebihan karena Allah tidak suka yang berlebihan," ujar Yaqut Cholil Qoumas.

Untuk terus melakukan pemantauan kondisi jemaah haji, keluarga dan sanak saudara bisa mengunjungi halaman Siskohat milik Kemenag.

Pada halaman tersebut, semua data terbaru bisa dilihat mulai dari kedatangan, penerbangan, jamaah wafat, jemaah dirawat, posisi kloter, profil jamaah, hingga akomodasi Makkah.

Baca Juga: Kunci Jawaban WOW Level 504 505 506 507 508, Terbaru Aplikasi Game Words of Wonders

Untuk mengetahui data diri jemaah haji Indonesia 2023 yang telah wafat, silakan ikuti panduan berikut ini.

Pertama, kunjungi halaman Siskohat di #

Kedua, klik tombol menu di bagian pojok kiri atas lalu pilih "Wafat".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat