bdadinfo.com

Ini Spesifikasi dan Makna Filosofis Kapal Patroli Cepat Baru Milik TNI AL KRI Tuna 876 - News

Kapal Patroli Cepat baru TNI AL yakni KRI Tuna 876. (Dispenal)

- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan satu unit Kapal Patroli Cepat baru yakni KRI Tuna 876.

Adapun peresmian Kapal Patroli Cepat KRI Tuna 876 oleh KSAL bertempat di Galangan Kapal PT. KAS, Batam, Rabu 5 Juli 2023.

Nantinya, KRI Tuna 876 akan memperkuat jajaran Koarmada I, lebih tepatnya Satuan Patroli Lantamal I Belawan.

Baca Juga: Magu Magu Chicken, Ini Usaha Ayam Crispy Kurnia Meiga di Yogyakarta

KSAL menuturkan, nama Tuna memiliki arti filosofis dimana dalam bahasa Yunani disebut dengan Thino yang bermakna 'melesat'.

Selain kecepatan, ikan Tuna juga memiliki kemampuan dapat beradaptasi dalam kondisi air yang beragam. Menurut dia, kemampuan fisiologis tersebut menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan nama kapal.

"Diharapkan KRI Tuna dapat berfungsi sebagai Kapal Patroli Cepat yang berkemampuan mendukung kegiatan-kegiatan operasi pada situasi damai maupun perang, serta responsif terhadap segala bentuk penegakkan hukum dilaut, dan misi kemanusiaan," tutur KSAL.

Baca Juga: Ramai Parodi Adegan Jasa Keliling, Indosiar Akan Ambil Jalur Hukum Apabila Tanpa Izin dan Penyalahgunaan Logo

Lebih lanjut disebutkan KSAL, pembangunan kapal ini merupakan manifestasi penting dari pemenuhan kebutuhan alutsista TNI AL sesuai dengan perencanaan strategis yang telah ditetapkan.

"Dengan ini, akan meningkatkan kekuatan dan kemampuan, dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai komponen utama pertahanan negara di laut," katanya.

Untuk spesifikasi, KRI Tuna 876 memiliki panjang keseluruhan 62,40 meter, lebar 8,80 meter dan tinggi 19,37 meter.

Baca Juga: Gak Perlu Bingung, Lakukan 6 Hal Ini untuk Menghadapi Anak yang Picky Eater

KRI Tuna 876 memiliki kecepatan maksimal 24 knot serta kecepatan jelajah sejauh 17 knots.

Kapal ini dipersenjatai dengan 1 unit Meriam Kaliber 40 mm dan 2 unit Meriam Kaliber 12,7 dengan jumlah personel pengawak 50 orang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat