bdadinfo.com

Pemkab Pasaman Canangkan BBGRM Demi Lestarikan Budaya Gotong Royong, Apa Itu? - News

Bupati Kab. Pasaman, Benny Utama (paling kanan), lakukan seremoni pencanangan program BBGRM.  (dok. Pemkab Pasaman)

Masyarakat Sumatera Barat terkenal dengan budaya gotong royongnya. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Pasaman mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

Bupati Kabupaten Pasaman, Benny Utama, mendorong para Wali Nagari atau tetinggi di lingkungan masyarakat untuk memantau BBGRM ini.

Benny juga menyebut BBGRM sebagai upaya melestarikan budaya gotong royong masyarakat Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Pasaman.

Baca Juga: Berkenalan dengan Inyiak Balang, Mitos Sosok Harimau yang Diduga Penjaga Orang Minang

"Saya minta Wali Nagari di Pasaman untuk memelihara kebiasaan gotong royong ini di tengah-tengah masyarakat, sembari menumbuh kembangkan sikap partisipatif, rasa kebersamaan, sekaligus sikap peduli untuk mau menjaga apa yang telah dibuat dan dibangun," ujar Benny Utama, seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Pasaman, Sabtu, 14 Juli 2023.

BBGRM ini juga upaya Kabupaten Pasaman untuk melibatkan masyarakat bergotong royong membantu program pemerintah.

Hal tersebut, kata Benny, seperti yang terjadi dalam proyek tol Tonang – Talu. Di proyek tersebut, terdapat pembukaan jalan tembus Pasaman - Pasaman Barat.

Baca Juga: Bukan Hanya Praz Teguh, Ini Deretan Pelawak Nasional Keturunan Sumatera Barat yang Berprestasi

Masyarakat secara suka rela dan gotong royong menyerahkan lahannya demi kepentingan mereka sendiri.

Benny mengatakan, kini jalan tersebut terbukti semakin meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Pasaman.

"Jika sudah tertanam rasa memiliki, maka  akan ada keinginan untuk memelihara. Misal, di suatu  daerah ada air selokan yang tersumbat dan alirannya naik ke jalan. Jika ini dibiarkan tentu akan membuat jalan cepat rusak. Dan hal seperti ini dapat diatasi dengan gotong royong, tanpa harus menunggu pemerintah," ujarnya.

Baca Juga: Jembatan Gantung Terpanjang Rp 5,5 M Ada di Kampung Crazy Rich Sumatera Barat, Warganya Kerja Apa Ya?

Sekali lagi ia menegaskan, BBGRM ini diharapkan semakin menguatkan kultur dan budaya gotong royong masyarakat Kabupaten Pasaman tersebut.

Seremoni pencanangan BBGRM ini dilakukan Benny dengan pemukulan gong yang diaksanakan pada Jumat lalu, 7 Juli 2023 di lapangan olah raga Nagari Air Manggis, Kecamatan Lubuk Sikaping.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat