bdadinfo.com

Rusak Dihantam Banjir, Gorong-gorong Penghubung Tiga Nagari di Sutera Pesisir Selatan Segera Diperbaiki - News

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan menyebabkan gorong-gorong di Nagari Rawang Gunung Maleloo rusak (Kominfo Pesisir Selatan)


PESISIR SELATAN, - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan pada Jumat (14/7) berdampak pada rusaknya sejumlah fasilitas umum.

Salah satunya gorong-gorong atau plat duiker di Nagari Rawang Gunung Malelo yang merupakan akses penghubung tiga nagari di kecamatan setempat.

Derasnya air yang melewati gorong-gorong tersebut mengakibatkan akses tiga nagari ini menjadi terputus.

"Sesuai arahan dari pimpinan gorong-gorong akan diperbaiki tahun ini juga," kata Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pesisir Selatan, Fahrezi Eka Siska di Painan.

Baca Juga: Fosil Hidup Coelacanth, Ikan Purba yang Memiliki Waktu Kehamilan Terlama di Spesies Vertebrata

Ia menambahkan, agar lebih kokoh, dan kuat maka akan dilaksanakan peningkatan kontruksi sehingga fasilitas ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga di Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih, Taratak, dan Koto Taratak, sekaligus agar kontruksinya lebih tahan jika sewaktu-waktu terjadi banjir.

"Jadi besok statusnya bukan gorong-gorong lagi tapi sudah ditingkatkan menjadi jembatan," imbuhnya.

Baca Juga: Intip Delapan Prinsip Rahasia Orang Minang Sukses Berdagang

Selain sebagai penghubung akses warga di tiga nagari, ruas tersebut juga merupakan lajur alternatif jika sewaktu-waktu akses jalan lintas Sumatera Padang-Bengkulu bermasalah, sehingga pembangunan kembali menjadi prioritas, termasuk peningkatan konstruksinya.

Selain merusak gorong-gorong di Kecamatan Sutera, hujan deras juga menyebabkan banjir di SMKN 1 Sutera di kecamatan setempat.

Dari laporan sejumlah warga, diketahui bahwa banjir juga merendam ratusan rumah di kecamatan itu, dan juga diinformasikan bahwa banjir hari ini merupakan yang terparah sejak beberapa tahun terakhir. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat