bdadinfo.com

Peringatan Cuaca Buruk untuk Sumatera Barat: Waspada, Wilayah Ini akan Dilanda Hujan Petir dan Angin Kencang - News

Ilustrasi Hujan Besar di Wilayah Sumatera Barat (unsplash.com)

- Wilayah yang masuk ke dalam cakupan provinsi Sumatera Barat harus berhati-hati karena cuaca buruk yang mengintai untuk besok hari Sabtu, 12 Agustus 2023.

Dari pantauan News melalui situs resmi BMKG, peringatan dini masih tertera untuk hari Sabtu nanti dan ada satu wilayah yang akan diguyur hujan besar.

Wilayah berstatus hujan lebat yang disertai petir ini adalah Simpang Empat yang masuk ke dalam daerah kabupaten Pasaman Barat.

Baca Juga: Berkunjung ke Taman Siti Nurbaya di Kota Padang, Mengabadikan Cerita Legendaris dari Tanah Minang

Tidak hanya kecamatan Simpang Empat, seluruh wilayah kabupaten Pasaman Barat juga akan diguyur hujan. Hanya saja, akan turun dalam intensitas ringan.

Diantaranya adalah Luhak Nan Duo, Sungai Beremas, Simpang Empat, Gunung TUleh, Kinali, Koto Balingka, Lembah Melintang, Pasaman, Ranah Batahan, Sasak Ranah Pesisir, Sungai Aur, Talamau.

Untuk kecamatan Simpang Empat sendiri hujan lebat ini akan turun di waktu siang menjelang sore hingga malam hari.

Baca Juga: Bakinang Riau-Pangkalan Koto Kampar Cuman 30 Menit dengan, 15 KM Lagi Menyentuh Tanah Sumbar

Begitu juga dengan wilayah lainnya yang akan terjadi di waktu yang sama dengan beberapa variasi jam dan durasi.

Maksudnya, ada beberapa daerah yang hujannya akan dimulai pada waktu siang hari atau sore hari. Lalu, akan berhenti pada waktu sekitar malam hari dan berganti ke status berawan.

Kemudian, temperatur harian rata-rata untuk Simpang dan hampir seluruh Pasaman Barat adalah 22-27 derajat Celcius dan 80-100 persen untuk tingkat kelembaban air pada udara.

Baca Juga: Bakinang Riau-Pangkalan Koto Kampar Cuman 30 Menit dengan, 15 KM Lagi Menyentuh Tanah Sumbar

Sementara itu, untuk peringatan dini yang tertera untuk hari Sabtu besok berlaku untuk seluruh wilayah Sumatera Barat, tapi ada beberapa daerah yang dikhususkan.

Informasi peringatan dini ini berisi potensi cuaca buruk hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat