bdadinfo.com

Desa Kampung Baru Kota Pariaman Gelar Pelantikan PAW Anggota BPD dan Pengukuhan Bundo Kanduang - News

Desa Kampung Baru Kota Pariaman Gelar Pelantikan PAW Anggota BPD dan Pengukuhan Bundo Kanduang (Kominfo Kota Pariaman)

KOTA PARIAMAN, - Begitu pentingnya peran bundo kanduang dan BPD di desa/kelurahan, maka desa kampung baru kecamatan pariaman tengah laksanakan acara 'Pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) -Anggota BPD Periode 2018-2024 dan Pengukuhan Pengurus Bundo Kanduang Periode 2023-2027 Desa Kampung Baru Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman' Kamis (24/8).

Acara pengukuhan tersebut dilakukan oleh camat pariaman tengah dan ketua bundo kanduang kecamatan pariaman tengah, serta dihadiri oleh Ny.Lucyanel Genius mewakili Wali Kota Pariaman Genius Umar dan Ny. Indriati Mardison selaku pembina bundo kanduang kota pariaman dan bundo Arrahmi ketua bundo kanduang kota pariaman, kades kampung baru, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ny.Lucyanel Genius sampaikan ucapan selamat pada pengurus bundo kanduang terpilih dan PAW BPD yang baru dilantik, dan mengungkapkan bahwa untuk Kota Pariaman hanya satu desa dan satu kelurahan yang baru melakukan pengukuhan bundo kanduang yaitu desa kampung baru dan kelurahan kampung pondok kecamatan Pariaman tengah Kota Pariaman.

"Bundo Kanduang memiliki peranan dan tugas yang penting, yaitu menanamkan nilai-nilai adat budaya Minangkabau, mulai dari sopan santun, etika, adab dan lain sebagainya kepada generasi penerus nantinya," ujar Ny.Lucy.

Baca Juga: Jangan Kaget! Inikah Agama Yassine Cheuko, Bodyguard Messi yang Ternyata Eks Pasukan Khusus

Sebagai pengurus bundo kanduang, Ny.Lucy berharap bundo kanduang yang baru dilantik dapat mengemban amanah yang dipercayakan, agar dapat meningkatkan kekuatan, guna melanjutkan perjuangan, dalam fungsi peranan bundo kanduang di dalam adat.

Begitu juga dengan BPD, BPD dan Kepala Desa adalah mitra kerja di desa mulai dari perencanaan, pengawasan , sampai pada evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa.

"Buat anggota BPD yang telah dilantik harus sungguh-sungguh dalam mengabdikan diri untuk desa kampung baru," jelasnya.

Baca Juga: Wali Kota Pariaman Jadi Salah Satu Dosen Penguji Program Doktor di UNP

Ny. Lucy menambahkan kepada ketua BPD desa kampung baru untuk menjalin kerjasama yang baik dengan anggota BPD baru dan tidak ada perbedaan antara anggota satu dengan yang lainnya.

Sementara itu bundo Arrahmi katakan bahwa pengukuhan bundo kanduang desa kampung baru sudah melalui hasil musyawarah desa dengan pengurus bundo kanduang desa yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2023.

"Peranan bundo kanduang juga sangat penting disamping peran kaum laki-laki dalam mensukseskan pembangunan mental masyarakat yang diawali dari lingkungan keluarga," tegas bundo Arrahmi.

Kepada pengurus bundo kanduang yang terpilih bundo Arrahmi ucapkan selamat telah memperoleh kepercayaan mengemban tugas untuk mengayomi anggota bundo kanduang dan masyarakat desa kampung baru, dengan harapan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar dalam rangka melestarikan adat budaya minangkabau.

Baca Juga: Lobang Jepang Bukittinggi, Sisa Peninggalan Penjajah Jepang yang ada di Tanah Minangkabau

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat