bdadinfo.com

Daihatsu Kembali Lepaskan Tukik di Sumatera Barat, Demi Menjaga Kelestarikan Penyu Indonesia - News

PT Daihatsu lepaskan tukik untuk menjaga populasi penyu di Indonesia (Daihatsu)

- Saat ini, penyu merupakan hewan yang dilindungi akibat dari seringnya perburuan penyu baik diambil daging maupun telurnya.

Hal ini membuat populasi penyu kian menipis di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri ada enam Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Pipih, Penyu Lekang, Penyu Tempayan, dan Penyu Belimbing, semuanya berstatus rentan kepunahan, baik terancam atau sangat terancam punah.

Baca Juga: Mirip dengan Jempol Manusia, Bukit Jempol Sumatera Selatan Berhasil Menarik Perhatian Pecinta Alam

Maka dari itu, saat ini sudah mulai digalakkan pembudidayaan penyu di berbagai tempat di Indonesia.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan salah satu yang melaksanakan pembudidayaan hingga pelepasliaran penyu di Indonesia.

Pada tanggal 24 Agustus 2023, Daihatsu secara resmi melepasliarkan anak penyu atau tukik di pantai Pasir Jambak, Padang, Sumatera Barat.

Baca Juga: Pesan dalam Iklan 'Toko Buku Biru Muda', Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 51 Kurikulum Merdeka

Hal ini dilakukan Daihatsu sebagai tanda komitmen akannya pelestarian alam di Sumatera Barat dan Indonesia.

Selain itu, seremonial ini dilaksanakan sebagai tanda perayaan karena saat ini Daihatsu berhasil memproduksi dan menjual unitnya sebesar 8 juta Unit.

Seremonial ini dilaksanakan berupa pelepasliaran 8 ribu tukik ke habitat aslinya yang dilepaskan dari tempat konservasi penyu di Pantai Pasir Jambak, Sumatera Barat.

Baca Juga: Menelusuri Kemegahan Kerajaan Sumatera, Samudera Pasai Menurut Catatan Tionghoa Ma Huan

Pada acara ini, Daihatsu mengundang pihak pemerintah daerah terdekat dan BPSPL (Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut), anggota ADM Supplier Club, anggota Sahabat Klub mobil Daihatsu, serta SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang bekerja sama dengan Daihatsu.

Tujuannya adalah untuk melakukan kerja sama dalam rangka melaksanakan program "Penyu untuk Indonesia," yang melibatkan serangkaian kegiatan, seperti melepaskan 8 ribu tukik ke habitatnya di Pasir Jambak, menanam 80 pohon cemara laut, dan melakukan aksi pembersihan pantai secara bersama-sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat