bdadinfo.com

Roy Suryo Unggah Video TKA China Tak Becus Kerja, Begini Pembelaan Grace Natalie - News

Roy Suryo

News - Unggahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo soal tenaga kerja asing atau TKA China yang tak becus membuat Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie buka suara.

Grace sebelumnya mengatakan TKA yang bekerja sebagai tukang las di Indonesia bukanlah tukang las biasa melainkan memiliki sertifikasi dan kemampuan khusus.

Hal itu ia sampaikan merespons pernyataan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengenai warga negara asing (WNA) China yang bekerja sebagai pekerja kasar alih-alih tenaga ahli.

Baca Juga: Roy Suryo Semprot Ruhut Sitompul Terkait Posting Meme Anies Baswedan Berpakaian Adat Papua: Lagi-Lagi Hoaks!

Roy Suryo lantas membantah pernyataan Grace melalui video yang diunggah akun Twitternya tentang keluhan pekerja Indonesia atas hasil pengelasan oleh TKA asing.

"'Kemampuan khusus' si Tukang Las? Lihat benar pengelasannya. Ambyar," tulis Roy dalam akun Twitternya @KRMTRoySuryo2, Senin (30/5/2022).

Merespons hal itu, Grace Natalie mempertanyakan konteks video yang diunggah Roy tersebut.

"Video yang dipakai oleh Mas Roy tidak diketahui konteksnya apa?" ujar Grace seperti dikutip News dari CNN.

Grace mengatakan pernyataannya beberapa waktu lalu tak hanya menyebut soal TKA China, tetapi juga TKA dari negara lainnya. Ia menjelaskan keberadaan tenaga kerja asing di Indonesia dikarenakan tenaga kerja dalam negeri belum memiliki kompetensi yang memadai.

Dirinya mencontohkan dengan proyek kereta cepat yang menggunakan bantuan pekerja asing. Menurutnya, rel berkecepatan tinggi perlu dikerjakan oleh orang yang memang mumpuni.

"Karena rel akan dilewati kereta berkecepatan sangat tinggi, maka pengerjaan relnya pun khusus," ujarnya.

Ia juga menyebut video yang diunggah Roy tak bisa menggeneralisir seluruh tenaga kerja asing. Pasalnya, masalah yang dilakukan TKA dalam video tersebut tak bisa merepresentasikan TKA lainnya.

"Lagipula yang saya kritisi adalah narasi Bang Yos (Sutiyoso) yang rasis dan tidak sesuai fakta. Ini kenapa jadi tukang las yang dibahas," jelas Grace.

Sementara itu, Roy Suryo mengklaim dirinya tak asal mengunggah video mengenai keluhan pekerja tersebut. Dirinya mengatakan video itu telah terverifikasi dan bukan hasil rekayasa editing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat