bdadinfo.com

Menteri Trenggono Terima Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL - News

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berikan sambutan usai terima brevet kehormatan

News - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono terima brevet kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL yang diserahkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Anjungan KRI Rigel-933 di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis 16 Juni 2022.

Menteri Trenggono usai acara penyerahan brevet mengatakan suatu kebanggan baginya bisa menerima brevet kehormatan tersebut.

"Peta tentang kelautan dan oseanografi adalah hal yang esensial. Pushidrosal adalah mitra kerja KKP. Maka dari itu, kita akan dukung penuh apa yang dilakukan Pushidrosal," ujar Menteri Trenggono.

Baca Juga: KKP Segel 4,7 Ton Ikan Impor Ilegal Asal Tiongkok dan Malaysia

Menurutnya penyematan brevet tersebut sebagai bentuk penghargaan atas dukungan dan peran Kementerian Kelautan dan Perikanan yang turut memajukan dan mengembangkan Pushidrosal, serta berkontribusi besar dalam mewujudkan kerjasama di bidang hidro-oseanografi secara nasional dan internasional.

"Selama ini Pushidrosal juga berkontribusi dalam penataan ruang laut sesuai prinsip ekonomi biru, salah satunya dalam hal pengaturan dan pemasangan kabel dan pipa bawah laut sesuai koridor sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 14 tahun 2021 tentang Alur Pipa dan/atau Kabel Bawah Laut," katanya.

Ia menambahkan bahwa dirinya optimis sinergi lintas sektor tersebut semakin kuat, sehingga tujuan utama menata ruang laut Indonesia untuk kepentingan kedaulatan negara, pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan tentunya untuk keberlanjutan ekosistem laut, dapat terwujud sempurna.

Baca Juga: Rapat Bersama Komisi IV DPR, Menteri Trenggono Optimistis PDB Perikanan Tumbuh 5-6 persen di 2023

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan sinergi yang apik bersama KKP selama ini tidak hanya terkait pemasangan dan pengaturan kabel dan pipa bawah laut, tapi juga mengenai penyajian data kelautan hingga pembangunan wilayah pesisir.

"Sinergi baik inilah menjadi dasar pemberian brevet kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL kepada Menteri Sakti Wahyu Trenggono dan KKP sebagai leading sektor kelautan mendukung kemajuan hidro-oseanografi, dimana tanpa kerja sama KKP, rasanya kurang," ujar Yudo Margono. 

Penyematan brevet kehormatan tersebut didampingi oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidros) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, selaku Chief Hidrografer Indonesia dan menetapkan Menteri Trenggono sebagai warga kehormatan komunitas hidrografi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat