bdadinfo.com

Urban Farming Ponpes, Jurus Jitu Pemprov DKI Jakarta Atasi Stunting di Ibu Kota - News

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono

– Dalam rangka memperingati Hari Santri 2022, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian menyalurkan sarana pertanian perkotaan (urban farming) pada perwakilan pondok pesantren (Ponpes) di lima wilayah Ibu Kota.

“Kita semua memahami betul bahwa pangan menjadi salah satu kebutuhan primer umat manusia. Oleh karena itu, dalam memenuhi kebutuhan pangan ini, kegiatan urban farming menjadi salah satu solusi yang perlu terus diupayakan bersama,” ujar (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melalui keterangan resminya pada Sabtu, 22 Oktober 2022.

Pj Gubernur Heru berharap, sarana pertanian ini dapat memantik semangat baru bagi para santri dalam menerapkan urban farming dan mewujudkan kemandirian pangan di lingkungan pesantren.

Baca Juga: Telpon Kapolri, Menko PMK Minta Usut Tuntas Penyebab Kasus Gagal Ginjal Akut

Upaya ini juga akan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencegahan stunting di Kota Jakarta.

Pemberian bantuan tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022. Peringatan Hari Santri 2022 yang mengusung tema 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan' ini diharapkan dapat memotivasi para santri agar lebih berdaya dalam meningkatkan kualitas diri di masa yang akan datang.

“Selain dapat memberdayakan para santri, hadirnya dukungan urban farming ini akan meningkatkan kualitas pangan para santri dan berdampak pada kesehatannya juga,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama, Cecep Khairul Anwar.

Cecep melanjutkan, penerapan konsep urban farming yang dirawat dengan minimnya penggunaan bahan pestisida kimia, dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih sehat dan segar.

Baca Juga: Film Jejak Langkah 2 Ulama, Karya Eks Santri Gontor yang Diangkat dari Kisah Nyata  

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, terdapat 50 bantuan rak hidroponik yang diberikan kepada 25 Pondok Pesantren di Jakarta.

Adapun yang menerima bantuan secara simbolis adalah perwakilan dari pesantren di 5 (lima) wilayah Jakarta, yaitu:

- Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur

- Darunnajah, Pesanggrahan, Jakarta Selatan

- Minhajut Tholibin, Kalideres, Jakarta Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat