bdadinfo.com

Penting! Mau Bangun Rumah Tahan Gempa, 5 Poin Ini Wajib, Jangan Lupa Pondasi Sepatu Lari - News

Mau bikin rumah tahan gempa, 5 poin ini jangan lewatkan, salah satunya pondasi sepatu lari (Pixabay.com/ArmbrustAnna)

- Gempa tektonik dan vulkanik adalah penyebab gempa yang akan sering melanda Indonesia. Hal itu disebabkan karena wilayah Indonesia yang berada di kawasan cincin api pasifik dan juga dikelilingi banyak gunung berapi aktif.

Gempa-gempa yang terjadi skalanya bervariasi ada yang besar dan ada yang kecil. Dampak paling sering dialami adalah bangunan-bangunan mengalami kerusakan seperti kerusakan minor mengalami keretakan hingga kerusakan mayor seperti ambruk.

Dilansir  dari website tokopedia.com agar memiliki bangunan yang rumah yang kokoh, rumah tahan gempa, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat membangunnya.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Stiker WA di HP dan WhatsApp Web

1. Kualitas tanah dan perencanaan denah

Pastikan tanah hunian berdiri cukup padat dan keras sehingga saat terjadi getaran tidak terlalu mengubah permukaan tanah.

Hindarilah plastic soils, karena biasanya kekuatan tanah tersebut akan berkurang ketika terkena air khususnya di daerah yang sering hujan.

Sekarang sudah ada teknologi modern yang telah dikembangkan untuk membangun struktur bangunan tahan gempa.

Baca Juga: Gempa Sukabumi 5,8 M Kerasa sampai Jakarta dengan Skala II MMI, Pantes Getaran Goyang yang Dirasakan Begini

Bangunan dengan konstruksi tahan gempa tersebut memiliki karakteristik yang dapat melindungi pemilik rumah dari luka-luka, cedera ringan, hingga kerugian harta benda.

2. Desain pondasi khusus

Saat membangun rumah, hal yang juga harus diperhatikan adalah kualitas pondasi. Pondasi rumah sangat penting untuk menyalurkan beban ke tanah. Semakin baik pondasi, semakin kokoh bangunan itu.

Syarat lainnya adalah, sebuah pondasi agar lebih kokoh harus ditanam ke permukaan tanah yang keras minimal sedalam 60-75 cm.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Stiker WA di HP dan WhatsApp Web

Selain itu, harus diperhatikan angkur yang menghubungkan bangunan dengan pondasi.Pastikan angkur tersebut kokoh dan terhubung kuat dengan sloof dan pondasi.

Untuk rumah yang dibangun dengan struktur tahan gempa dan rumah dengan 2 lantai, pondasi sepatu lari dianggap sangat ideal. Jumlah lantai yang dibangun dan ketinggian yang diukur merupakan dua faktor terpenting dalam menentukan beban pondasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat