bdadinfo.com

Hore, Libur Nataru 5 Ruas Tol di Sumatera dan 7 Ruas Tol Baru di Jawa Beroperasi! Juga Tol Padang-Pekanbaru - News

Ilustrasi Hore, Sambut Nataru 5 Ruas Tol di Sumatera dan 7 Ruas Tol Baru di Jawa Beroperasi! Juga Tol Padang-Pekanbaru (Doc. Kementerian PUPR )

- Sebanyak 5 ruas jalan tol di pulau Sumatera dan 7 ruas jalan tol baru di pulau Jawa siap beroperasi dalam momentum liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Di Sumatera yakni difungsionalkan 2 ruas tol di Sumatera, yakni Tol Sigli - Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang-Kutobaro-SS Baitussalam, 12,3 km) dan Tol Kuala Tanjung  Tebing Tinggi- Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi- Indrapura, 20,4 km).

Serta penambahan tiga ruas tol operasi di Sumatera yakni Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 2 Selimeum-Jantho, 6,3 km), Tol Binjai Langsa (Seksi Binjai-Stabat, 11,8 km), Tol Lubuklinggau - Curup - Bengkulu (Seksi Bengkulu-Taba Penanjung, 16,7 km), dan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Pekanbaru Bangkinang, 30,9 km). 

Baca Juga: 3 Fakta Kendala Proyek Tol Trans Sumatera yang Meleset dari Target Jokowi

Baca Juga: 8 Jalan Tol Fungsional akan dibuka Jelang Libur Natal dan Tahun baru 2023, Ini Daftarnya

Baca Juga: PUPR Siapkan 105 KM Tol Tambahan untuk Nataru, Khusus Sumatera 20,4 KM

Baca Juga: Pembebasan 93,17 Persen Lahan Tol Padang-Sicincin Beres, Pekerjaan Dikebut

Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Mabes Polri, Jumat 16 Desember 2022. 

Sehingga, dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas, Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.578 km dan jalan nasional (non tol) sepanjang 46.690 km.

Baca Juga: Warga Sumatera! Tol Ruas Baru Trans Sumatera Resmi Beroperasi Sambut Libur Nataru, Ini Rinciannya

Selain tol fungsional, pada Nataru 2022/2023 juga terdapat penambahan ruas tol operasi hingga November 2022. Di Pulau Jawa yakni Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan, 11,4 km).

Tol Cibitung – Cilincing (Seksi 2 dan 3 Telaga Asih – Gabus Indah – Taruma Jaya, 24,4 km), Tol Serpong – Balaraja (Seksi 1 Serpong – CBD, 3,9 km) sudah operasi, Jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Seksi 1 A dan Koneksi Jalan Tol Wiyoto Wiyono Sisi Timur, dan Off Ramp Jatiwaringin 2 km). 

Menteri Basuki mengatakan untuk mendukung kesiapan lalu lintas pada Nataru tahun 2022/2023, Kementerian PUPR akan mengoperasional secara fungsional 7 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa dan 2 ruas jalan tol fungsional di Sumatera.

"Seluruh jalan tol fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan,” kata Basuki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat