bdadinfo.com

Dilantik Jokowi Saksi Maruf Amin, Bulan Ini Langsung Jadwal Sertijab Panglima TNI Laksamana Yudo Margono - News

Tiga pesan penting Presiden Jokowi ke Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, lihat nomor 2 dan 3 (Sekretariat Kabinet)

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, yang disaksikan Wakil Presiden Maruf Amin serta rencana sertijab dengan Andika Perkasa bulan ini. 

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91/TNI Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Baca Juga: Mengintip Harta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden.

Yudo  dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Jenderal Andika akan pensiun dari jabatannya pada 21 Desember 2022 dan pensiun sebagai anggota TNI pada 1 Januari 2023.

Presiden Jokowi sebelumnya mengusulkan nama Yudo kepada DPR RI untuk ditetapkan sebagai Panglima TNI akhir November 2022 lalu.

Selanjutnya, Komisi I DPR RI akan melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI pada 2 Desember 2022 untuk mendengarkan visi dan misi yang dibawakan oleh Yudo Margono.

Setelah lolos uji kelayakan dan kepatutan, Komisi I DPR RI kemudian akan menyetujui pengangkatan Yudo Margono yang masih berstatus sebagai calon Panglima TNI menjadi Panglima TNI dalam rapat paripurna ke-12 DPR  RI tahun sidang 2022-2023 yang berlangsung pada 13 Desember 2022.

Baca Juga: Tiga Pesan Penting Presiden Jokowi ke Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Lihat Nomor 2 dan 3

Untuk selanjutnya mengesahkan Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI yang memiliki masa jabatan sampai pada November 2023.

Sumpah jabatan disaksikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan pejabat lainnya.   Sementara sertijab dari Panglima Jendral Andika Perkasa akan digelar 20 Desember. Sertijab akan digelar di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat