bdadinfo.com

Jokowi Lengser! Pembangunan JTTS Hanya Sampai di Sini? Selamat Tinggal Proyek Tol Padang Sicincin - News

Pembangunan jalan tol Trans Sumatera telah dimulai pembangunannya sejak 2015 yang lalu sampai Juli 2023 Kementerian PUPR mencatat sudah ada 6 ruas tol.

- Jika presiden Jokowi lengser proyek pembangunan jalan tol di Sumatera kian di kebut. Bagaimanakah progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera atau JTSS.

Diketahui oleh kita semua, Pembangunan jalan tol Trans Sumatera telah dimulai pembangunannya sejak 2015 yang lalu sampai Juli 2023 Kementerian PUPR mencatat sudah ada 6 ruas tol.

Yang beroperasi dan menyisakan 7 ruas tol lagi dalam proses pembangunan total panjang 6 ruas tol yang sudah beroperasi mencapai 596 KM sementara 7 ruas tol yang sedang berada di tahap konstruksinya sepanjang 361 km.

Baca Juga: 3 Makanan Khas Sumatera Utara ini Berasal dari Singkatan,Ternyata Bika Ambon Berawal dari Kata ini...

Pihak Kementerian PUPR mencatat keseluruhan jalan tol Trans Sumatera memiliki panjan 2749 KM dengan 24 ruas tol terdiri dari koridor Utama Sepanjan 1889 KM dan koridor pendukung sepanjang 860 km.

Hutama Karya selaku BUMN yang ditunjuk pemerintah untuk membangun jalan tol Trans Sumatera merincikan bahwa sebanyak 7 ruas sepanjang 361 KM kini dalam tahap konstruksi yakni ruas tol Indrapura kisaran sepanjang 48 KM dengan progres 85,5%.

Lalu ada ruas Kuala Tanjung Tebing Tinggi sepanjang 93 KM dengan progres 84,26 persen kemudian ruas Simpang Indralaya Prabumulih sepanjang 64 KM yang saat ini sudah tuntas dan sebentar lagi beroperasional penuh.

Baca Juga: Ade Armando Bela Rocky Gerung Usai Dihadang Pasca Pemeriksaan, Diskak-mat Gerombolan Sendiri: Loh, Bawa Agama?

Setelah itu ada ruas tol Bangkinang Koto Kampar sepanjang 24 KM dengan progres 74,8% ada juga seksi Padang Si Cincin sepanjang 37 KM dengan progres 32,6% dan juga Binjai Pangkalan Brandan sepanjang 58 KM dengan progres 79,9%.

Kemudian tol Sigi Banda Aceh menyisakan satu seksi lagi yang masih konstruksi yakni Padang PJ selimum sepanjang 24,68 KM dengan progres 63%.

Sementara itu untuk jalan tol Trans Sumatera yang dibangun oleh Waskita Sriwijaya tol yaitu ruas tol Kayu Agung Palembang Betung sepanjang 111,6 KM saat ini progresnya telah mencapai 60%.

Baca Juga: Progres Jalan Tol Padang Sicincin STA 13 dan STA 14 Sikabu Lubuk Alung Seperti Kilat

Khusus akses gerbang tol Sungai Rengas Musi Landas menuju Pangkalan Balai sepanjang 31 KM sudah mencapai 90% pembangunan jalan tol ini sedikit terkendala karena adanya pembangunan Jembatan Sungai Musi lima yang butuh penanganan lebih.

Saat ini Pemerintah juga Tengah menggesa pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Provinsi Jambi dengan Sumatera Selatan proyek pembangunan jalan tol di provinsi Jambi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat