bdadinfo.com

Sindiran Ridwan Kamil Soal Kampanye Politik Model Begini: Jangan Pernah Dilakukan atau Sebaiknya Dikurangi - News

Ilustrasi Black Campaign.  (dok. Polri )

- Saat menjabat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dikenal sebagai sosok yang penuh canda. Namun, ia juga kerap melayangkan sindiran, termasuk soal politik.

Di akun instagramnya @ridwankamil, sembari bercanda, Ridwan Kamil kembali melayangkan sindiran, kali ini terkait kampanye politik.

Ridwan Kamil mengunggah video emak-emak yang tengah gibah dengan asyiknya. Nampak seorang wanita muda di video tersebut berbincang dengan temannya hingga matanya melotot.

Baca Juga: Polsek Basa Ampek Balai Tapan Dalami Penyebab Kematian Sopir di Dalam Truk

Momen selanjutnya, video yang diunggah Ridwan Kamil menampilkan seorang nenek yang tengah berbincang dengan temannya, juga dengan ekspresi yang sama seperti wanita muda sebelumnya.

Dalam caption unggahan tersebut, Ridwan Kamil meminta pada followersnya untuk mencari kedua sosok wanita muda dan nenek tersebut. Ia akan memberikan giveaway!

Namun, di keterangan selanjutnya, Ridwan Kamil mengingatkan jika yang dilakukan wanita muda dan nenek tersebut juga biasa terjadi di dunia politik.

Baca Juga: Namanya Masuk Daftar Cawapres, Ridwan Kamil Disebut Titisan Soekarno, Kok Bisa?

“Btw, fitnah itu menyampaikan berita bohong atau cerita yang tidak benar. Dalam politik disebut Black Campaign,” tulis Ridwan Kamil sambil menyindir kampanye politik di Indonesia.

“Gibah itu menyampaikan berita miring yang mungkin benar atau menceritakan aib orang. Dalam dunia politik disebut negative campaign,” lanjutnya.

Ridwan Kamil lalu menjelaskan, keduanya merupakan hal negatif yang sebaiknya jangan dilakukan atau dikurangi, pun begitu tentang model kampanye politik tersebut.

Baca Juga: Hiks! Ridwan Kamil Tinggalkan Istri Demi Anak Usai Lepas Jabatan Gubernur, Kang Emil: Backpackeran Lebih Asyik

“Yang pertama jangan pernah dilakukan. Yang kedua sebaiknya dikurangi atau jangan sering-sering dilakukan,” tulis Ridwan Kamil.

Dilansir dari laman resmi Polri, Sabtu, 9 September 2023, Kampanye hitam atau Black Campaign yaitu suatu tuduhan atau presepsi yang  tidak berdasarkan fakta atau fitnah menyangkut kekurang suatu calon kepala daerah atau partai untuk menarik suara untuk memenangkan pemilu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat