bdadinfo.com

Inilah Jembatan Terpanjang di Dunia Menghubungkan Tiga Negara yang Penuh Kontroversi Selama Pembangunan - News

Inilah Jembatan Terpanjang di Dunia yang Menghubungkan Tiga Negara, Penuh Kontroversi Selama Pembangunan./arup.com

HARIANHALUAN - Berbicara mengenai jembatan, tentu menjadi salah satu sarana transportasi jalanan yang bisa menjadi penghubung antara sungai, jalan raya, pedesaan dan lain sebagainya.

Kalau di Indonesia, tentu kita pasti mengenal dengan salah satu Jembatan paling terpanjang di Indonesia yang menghubungkan antara pulau Jawa dengan madura, yaitu Jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu, menjadi salah satu yang paling ikonik karena tempat tersebut merupakan Jembatan pertama dan terpanjang di Indonesia yang menjadi penghubung antara Jawa Timur dengan Pulau Madura.

Baca Juga: Identifikasi Jenis Teks Ceramah, Pidato dan Khotbah, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 78 79

Hal tersebut membuat Jembatan ini merupakan jembatan terbesar di Indonesia, yang akan memudahkan warga dari Madura yang ingin datang ke Jawa Timur tanpa harus menaiki kapal feri.

Namun ada satu Jembatan terpanjang di China yang tidak kalah hebat dibanding Jembatan Terpanjang di Indonesia, dan menjadi penghubung antara wilayah dari negara yang berjarak dekat.

Jembatan tersebut dinamakan, Jembatan Hong Kong–Zhuhai–Macau atau disingkat menjadi (HZMB), adalah sistem jembatan - terowongan yang memiliki panjang sekitar 55 kilometer.

Baca Juga: Andre Rosiade Bantu Kepulangan Perantau ke Padang, Beri Modal Usaha Rp10 Juta

Jembatan ini terdiri dari serangkaian tiga jembatan kabel, terowongan bawah laut, dan empat pulau buatan. dan ini merupakan jalur penyeberangan laut terpanjang dan jalur tetap laut terbuka terpanjang di dunia.

HZMB mencakup saluran air dari Lingding dan Jiuzhou, yang menghubungkan antara Kota Hong Kong, Macau dan Zhuhai merupakan Kota terbesar di Delta Sungai Mutiara di China .

Jembatan HZM dirancang untuk bertahan hingga 120 tahun, dan telah menghabiskan biaya pembangunan paling mahal sebesar 127 Miliar Yuan (sekitar Rp267.412.909.673.999 Triliun).

Baca Juga: Tak Sampai Dipenjara, Berikut Ini Resiko Terberat Jika Gagal Bayar Pinjaman Online

Untuk biaya pembangunan Jembatan Utama diperkirakan mencapai 51.1 Miliar Yuan (sekitar Rp107.596.847.908.199 Triliun) yang didanai oleh pinjaman bank dan ditanggung bersama oleh pemerintah China, Hong Kong, dan Makau.

Awalnya jembatan tersebut, direncanakan akan dibuka untuk lalu lintas pada akhir tahun 2016, dan struktur tersebut selesai pada tanggal 6 Februari 2018, bahkan pernah mengajak jurnalis untuk berjalan-jalan melintasi jembatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat