bdadinfo.com

16 Tahun Meninggalnya Colin McRae, Sang Legenda Reli yang Pernah Menjuarai APRC di Danau Toba - News

Colin McRae (www.colinmcrae.com)




- Pada hari ini 16 tahun lalu merupakan hari penuh duka bagi dunia reli. Pada hari tersebut, pereli asal Skotlandia yang juara dunia WRC tahun 1995, Colin McRae meninggal dunia karena kecelakaan helikopter di dekat rumahnya.

Helikopter yang diterbangkan McRae adalah Eurocopter AS350B2 Squirrel. Saat ia menerbangkan helikopternya, dokumen izin untuk terbang yang ia miliki telah habis masa berlakunya 2 tahun sebelum kejadian. Serta 6 bulan sebelum kejadian, kelayakan helikopternya juga habis masa berlakunya.

Saat itu, Colin McRae hendak pergi menuju rumah orang tuanya di Lanark, Skotlandia. Namun nahas, hanya 1,6 km sebelum sampai tujuan, helikopter yang diterbangkan langsung oleh pereli Skotlandia tersebut terjatuh.

Baca Juga: Pinjaman Online Hukumnya Haram! Inilah Deretan Dosa Besar Bagi Peminjam Pinjol, Siksanya Dahsyat di Neraka

Tidak hanya Colin McRae, anaknya, Johnny yang saat itu masih berusia 5 tahun, serta temannya, Graeme Duncan dan teman anaknya, Ben Porcelli yang masih berusia 6 tahun juga tewas dalam kecelakaan tersebut.

Berikut adalah profil serta perjalanan karir Colin McRae:

Colin McRae lahir pada tanggal 5 Agustus 1968 di Lanark, Skotlandia.
Semasa hidupnya, Colin McRae diketahui aktif dalam balapan sejak kecil, salah satunya pernah menjadi juara motocross antar pelajar tingkat nasional ketika ia berusia 13 tahun.

Debut WRC-nya dimulai pada 1987 dengan mobil Vauxhall Nova di reli Swedia. Saat itu ia finis ke 36 dari 82 pereli yang berlaga.

Baca Juga: Kasus Penyebaran Data Paling Ngeri Gegara Gagal Bayar Pinjaman Online: Hadapi dan Lawan!

McRae meraih kesuksesannya di tingkat nasional pada 1988, 1991, dan 1992. Ia menjadi juara dalam kejuaraan reli nasional di Skotlandia dan Inggris dengan ditemani co driver-nya, Derek Ringer.

Karena kesuksesannya di tingkat nasional, pada 1993, Colin McRae membalap di Subaru yang dibuat oleh Prodrive. Mobil ini identik dengan warna biru dan sponsor rokok 555. Ia meraih kemenangan perdananya di Selandia Baru pada 1993.

Di tahun 1995, McRae meraih kesuksesannya dengan menjadi juara dunia WRC. Pada musim itu ia meraih 2 kemenangan yakni di Selandia Baru dan Inggris. Ia juga berkompetisi di kejuaraaan reli Asia Pasifik (APRC) pada tahun yang sama dan memenangkan reli Indonesia yang digelar di Medan.

Baca Juga: Penyampaian Nota Bupati, Kabupaten Agam Bahas Perubahan APBD 2023

Dengan prestasinya, McRae memegang rekor sebagai pereli termuda yang menjuarai WRC sebelum dipecahkan Kalle Rovanpera saat menjadi juara dunia di tahun 2022 setelah pereli muda Finlandia itu berulang tahun yang ke-22.

Selama 7 tahun membalap di Subaru pada 1991-1998, Colin McRae meraih 16 kemenangan dalam karirnya di WRC.

Pada tahun 1999, McRae mencoba tantangan baru dengan membalap di Ford. Ketika itu, ia mengemudikan mobil Ford Focus RS. Selama membalap di pabrikan asal Amerika itu, McRae meraih 9 kemenangan, termasuk kemenangan terakhirnya di WRC pada 2002 di Reli Kenya.

Colin McRae pindah ke Citroen pada tahun 2003. Di pabrikan asal Perancis tersebut, ia hanya meraih podium di Monte Carlo sekaligus podium terakhirnya di WRC. Setelahnya ia hanya finis di 5 besar pada tahun tersebut.

Baca Juga: Program Sinergisitas BNPT, Upaya Membangun Kesadaran Kolektif Melawan Ideologi Terorisme di Wilayah Jawa Barat

Lalu di tahun 2004, McRae mencoba ikut Le Mans 24 Jam dengan membalap di Ferrari 550 GTS buatan Prodrive dalam kelas GTS. Di kelasnya, ia finis ketiga dan secara keseluruhan ia finis ke 9.

2006 merupakan tahun terakhir Colin McRae di WRC karena ia menggantikan Sebastien Loeb yang saat itu cedera karena kecelakaan sepeda. Ia tampil di Reli Turki, namun sayangnya mobilnya bermasalah pada stage terakhir sehingga harus tersingkir di event tersebut.

Colin McRae meninggal pada tanggal 15 September 2007 di Lanark, Skotlandia karena kecelakaan helikopter. Empat tahun setelah kematiannya, McRae dinyatakan bersalah atas peristiwa tersebut hingga merenggut nyawanya dan 3 penumpang di dalamnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat