bdadinfo.com

Strategi Jenius di Luar Nalar! Ini Alasan Gerai Minimarket Alfamart dan Indomaret yang Lokasinya Berdekatan - News

Strategi Jenius di Luar Nalar! Ini Alasan Gerai Minimarket Alfamart dan Indomaret yang Lokasinya Kerap Berdekatan (waralaba.alfamart.co.id dan indomaret.co.id)

Dunia bisnis tentu penuh strategi jenius yang kadang tak pernah dibayangkan, semata-mata untuk mendapatkan keuntungan banyak.

Salah satu fenomena tak asing yang ternyata strategi jenius adalah fenomena dua gerai minimarket yang saling bersaing ketat, Alfamart dan Indomaret, lokasinya berdekatan.

Bukan tanpa alasan, ternyata ada strategi jenius di luar nalar tentang fenomena tersebut dan menarik untuk dikulik.

Baca Juga: Bukan Alfamart dan Indomaret, Ini Dia Deretan Tempat Belanja Kebutuhan Sehari-hari Kesayangan Warga Sumbar

Dilansir dari akun TikTok @temanstartup, alasan dua gerai ritel waralaba raksasa tersebut kerap didirikan berdampingan adalah salah satu strategi marketing.

Bukan asal main head to head, dengan posisi yang berdekatan atau bersebelahan punya tujuan untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya yang disebut Hotelling Theory.

Intinya 2 kegiatan ekonomi yang mirip, diposisikan di lokasi yang sama, tujuannya adalah untuk menguasai pasar seluas-luasnya.

Baca Juga: Terungkap! Rupanya ini Alasan Alfamart dan Indomaret Tak Diberi Izin Operasi, Sumbar Panen Tanggapan Positif

Jadi, konsumen yang di dekat lokasi tersebut dan memiliki tujuan untuk datang ke gerai minimarket akan dihadapkan pada dua pilihan antara gerai Alfamart atau Indomaret.

Tujuan minimarket yang akan didatangi oleh konsumen itu juga dapat dipengaruhi oleh beberapa hal loh.

Di antaranya adalah poin-poin seperti selera, sejalan dengan tempat tujuan, atau bahkan panjangnya antrian di kasir.

Baca Juga: Enggak Kalah Sama Alfamart dan Indomaret, Halal Mart di Sumbar Punya Ciri Khas Kearifan Lokal Ini

Alasan lain mengapa kerap ditemukan gerai Alfamart dan Indomaret dalam jarak yang berdekatan adalah untuk menghemat budget riset.

“Misal nih, 1 lokasi sudah ada 1 Indomaret yang dibangun duluan berarti Alfamart enggak perlu repot-repot riset lagi karena lokasi tersebut sudah lolos riset dari Indomaret,” ujar akun @temanstartup dalam videonya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat