bdadinfo.com

Hore! Gratis Naik Kereta Cepat Jakarta – Bandung Diperpanjang Hingga Akhir Oktober, Ini Kata Luhut - News

Jokowi meresmikan nama kereta cepat Jakarta – Bandung. (Tangkap layar Twitter/@keretacepatid)

Pada bulan September lalu, PT. Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) telah melaksanakan promo gratis untuk menaiki kereta cepat Jakarta – Bandung.

Kini, ada kabar gembira yang disampakan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam pidato Luhut, dilansir dari laman setkab.go.id, Senin, 2 Oktober 2023, pemerintah akan kembali melaksanakan tiket gratis Kereta cepat Jakarta – Bandung sampai pertengahan Oktober 2023.

Baca Juga: Bukti Beriman pada Kandungan Ayat-Ayat Al Quran, Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 59-62 Kurikulum Merdeka

“Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis   KCJB, maka kami bersepakat hingga pertengahan Oktober, pengoperasian kereta api cepat Jakarta-Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis,” jelas Luhut.

Luhut menjelaskan, peresmian KCJB merupakan catatan bersejarah karena Bangsa Indonesia berhasil menyelesaikan proyek kereta api modern di tengah banyaknya tantangan.

Seperti misalnya masalah pembebasan lahan, koordinasi lintas kepentingan hingga masalah pendanaan yang sulit akibat Covid-19.

Baca Juga: Semangat Petani Salak di Bali Perluas Usaha Lewat “Klasterku Hidupku”, Binaan BRI

Namun, tantangan tersebut berhasil diatasi mengingat adanya kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah Daerah, BUMN, Masyarakat, Swasta, serta pemerintah China yang telah membantu dalam proyek ini.

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) yaitu Emir Monti menjelaskan, masyarakat bisa memesan tiket kereta cepat Jakarta – Bandung secara daring melalui website resmi KCIC, kcic.co.id.

Terdapat 8 perjalanan yang beroperasi, yaitu 4 perjalanan dari Jakarta (Stasiun Halim) – Bandung (Stasiun Tegalluar), dan 4 perjalanan dari Bandung (Stasiun Tegalluar) – Jakarta (Stasiun Halim).

Baca Juga: Pembangunan Jembatan Di Bengkulu Mangkrak, Tersandung Kasus Korupsi : Uang Rp11 Miliar Raib?

Sementara untuk tarif tiket jika sudah habis masa promonya, Emir Monti belum bisa mengungkapkan berapa tarif yang ditetapkan untuk bisa menaiki kereta cepat Jakarta – Bandung secara umum.

Pada tanggal 2 Oktober 2023, Presiden Joko Widodo telah meresmikan nama resmi Kereta Cepat Jakarta – Bandung, yakni WHOOSH, di Stasiun Halim, Jakarta Timur.

Pemilihan nama Kereta Cepat WHOOSH ini diambil dari lajunya kereta yang mempunyai kecepatan yang tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat