bdadinfo.com

100 Persen Produk Dalam Negeri! Perkenalkan Kapal Harbour Tug Gunung Ranai Milik TNI AL - News

Launching satu Kapal Harbour Tug yaitu H-405 Milik TNI AL. (Dispenal)

- TNI AL kembali melaksanakan launchinh satu kapal tunda atau Harbour Tug yaitu H-405 dipimpin yang dipimpin oleh Aslog KSAL, Laksda TNI Agus Santoso, di galangan kapal PT. Noahtu Shipyard, Tanjung Priok, Selasa 3 Oktober 2023.

Kapal Tunda milik TNI AL itu diberi nama Gunung Ranai.

Adapun Kapal Tunda H-405 dirancang untuk memberikan pelayanan pemanduan dan penundaan dalam membantu pergerakan manuver Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) keluar masuk pelabuhan.

Baca Juga: Bukti Indomaret Dukung UMKM, Jumlah Total Gerai Ternyata Bukan Milik Perusahaan Semua, Lalu?

"TNI AL berkomitmen untuk mendukung program pemerintah melaksanakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)," tutur Aslog KSAL.

Diketahui, kapal tunda ini nantinya akan masuk ke dalam jajaran Koarmada I.

Hal tersebut dilatarbelakangi dengan bertambahnya unsur KRI di Koarmada I, dimana saat ini sudah diperkuat kapal jenis Angkut Tank, Bantu Rumah Sakit dan Patroli, sehingga dibutuhkan adanya kapal Harbour Tug.

Baca Juga: Lama Tak Terdengar, Begini Update Mega Proyek Flyover Sitinjau Lauik, Kapan Mulai Dibangun?

Kapal tunda H-405 memiliki panjang 30 meter, dengan lebar 12 meter, serta tinggi 5,10 meter.

Kemudian, memiliki kecepatan hingga 12 knot dengan endurance hingga 5 hari, serta dilengkapi dengan akomodasi untuk 10 orang personel.

Selain sebagai kapal Harbour Tug juga berfungsi sebagai kapal Search and Resque (SAR).

Baca Juga: Geledah 3 Kantor, Kejagung Terus Bidik Kasus Korupsi Proyek Tol Layang MBZ: Sita Uang Rp5,5 Miliar!

Sebab, kapal ini dilengkapi dengan External Fire Fighting untuk membantu pemadaman serta evakuasi korban di laut, dengan Independent Engine Drive kapasitas 650 m3/jam dengan jangkauan 90 meter untuk penanggulangan kebakaran di laut atau pelabuhan.

Kapal ini juga memiliki Sistem Oil Dispersant kapasitas tanki 3 m3/jam untuk penanggulangan pencemaran air laut oleh tumpahan minyak di laut.

Sejumlah kemampuan juga dimiliki oleh kapal tersebut diantaranya, Bollard Pull 35 ton, sudut pandang rumah kemudi hingga 360° pemindahan kapal dan escorting services dengan menggunakan winch yang ada di haluan dan buritan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat