bdadinfo.com

Ribuan Ekor Ternak dan Alat Pertanian di Payakumbuh dan Limapuluh Kota Senilai Rp3,6 M Disalurkan Gubernur - News

Ribuan Ekor Ternak dan Alat Pertanian di Payakumbuh dan Limapuluh Kota Senilai Rp3,6 M Disalurkan Gubernur Sumbar. (Humas Pemprov Sumbar)

- Ribuan ekor ternak dan alat pertanian di Payakumbuh dan Limapuluh Kota Senilai Rp3,6 M disalurkan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Penyaluran itu tepatnya di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Payakumbuh, Jumat, 13 Oktober 2023.

Bantuan ini juga termasuk modal bagi Kelompok Peternak Itik Cahaya Baru di Kelurahan Sungai Durian.

Baca Juga: 44 Km dari Bandara Internasional Minangkabau Ada Air Terjun Cantik, Lokasi Tepat di Bahu Jalan Lintas Sumbar

"Sejumlah bantuan kita serahkan melalui Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota. Sebagian kita serahkan langsung kepada kelompok usaha," katanya saat meninjau usaha Kelompok Perternakan Itik Cahaya Baru.

Khusus bantuan untuk warga Kota Payakumbuh senilai Rp463.413.500, dengan rincian bantuan ternak itik sebanyak 1.000 ekor yang diperuntukkan bagi dua kelompok, kambing sebanyak 100 ekor untuk dua kelompok, serta pakan kemudian dan obat-obatan.

Adapun bantuan untuk Kabupaten Lima Puluh Kota bernilai total Rp3.221.100.400, dengan rincian ternak ayam sebanyak 14.000 ekor bagi 28 kelompok, bantuan Itik sebanyak 2.000 ekor bagi 4 kelompok, bantuan kambing sebanyak 150 ekor bagi 3 kelompok, serta bantuan pakan dan obat-obatan.

Baca Juga: 44 Km dari Bandara Internasional Minangkabau Ada Air Terjun Cantik, Lokasi Tepat di Bahu Jalan Lintas Sumbar

Sedikit berbeda dari Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota juga mendapat bantuan berupa alat dan mesin pertanian brigade alsintan, satu unit cultivator, dua unit traktor roda dua capung metal, satu unit traktor roda dua rotary, satu unit mesin potong rumput, serta lima unit handsprayer.

Adapun bantuan khusus untuk Kelompok Peternak Itik Cahaya Baru, Mahyeldi menyerahkan, 500 ekor itik dan pakan sebanyak 3,5 ton. Penyaluran bantuan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas usaha kelompok peternak tersebut, sehingga berdampak positif terhadap ketahanan pangan daerah.

"Bantuan ini adalah bentuk stimulan terhadap usaha kelompok peternak dari Pemprov Sumbar. Melalui skema pemberdayaan ini diharapkan, usaha masyarakat semakin berkembang dan ketahanan pangan daerah juga ikut terjaga," katanya.

Selain itu, sambung Mahyeldi, bantuan yang bersumber dari APBD Sumbar melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tersebut juga bertujuan untuk mendukung upaya Pemprov dalam menciptakan 100 ribu entrepreneur baru di Sumbar, yang masuk dalam program unggulan Pemprov Sumbar dan tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

"Kita terus mendorong lahirnya 100 ribu entrepreneur baru di Sumbar. Kita melihat peluangnya sangat terbuka. Mereka muda, kreatif, dan melek teknologi. Itu yang tengah kita optimalkan," katanya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan dari Kelompok Peternak Cahaya Baru, Poni Purwanto, mengaku pihaknya sangat terbantu dengan adanya bantuan dari Gubernur. Diyakininya, bantuan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas peternakannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat