bdadinfo.com

Roadshow Bus KPK, Gubernur Beberkan Sembilan Nilai Integritas untuk Hindari Perilaku Korup di Sumbar - News

Pembukaan agenda Roadshow Bus KPK Tahun 2023 di Sumbar, Kamis, 12 Oktober 2023. (Humas Pemprov Sumbar )

- Roadshow Bus KPK, Gubernur beberkan sembilan nilai integritas untuk hindari perilaku korup di Sumbar.

Hal itu disampaikan saat menghadiri pembukaan agenda Roadshow Bus KPK Tahun 2023 di Sumbar, Kamis, 12 Oktober 2023.

"Ada sembilan nilai yang harus tertanam. Antara lain, jujur, mandiri, kerja keras, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, dan adil. Nilai-nilai itu harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, demi terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera, dengan pemerintah yang baik dan bersih," katanya.

Baca Juga: KPK Puji Kepatuhan Pemprov Sumbar dalam Pelaporan LHKPN

Perilaku antikorupsi, sambung Mahyeldi, merupakan tindakan untuk mengendalikan serta mendorong masyarakat bersikap tegas menolak segala bentuk tindakan korup.

Oleh karena itu, Pemprov Sumbar menyambut baik digelarnya Roadshow Bus KPK Tahun 2023 di Sumbar, yang dapat memupuk semangat antikorupsi di seluruh penjuru negeri.

"Semangat antikorupsi ini yang perlu kita galakkan terus menerus, demi membentuk generasi masa depan bangsa yang berakhlak dan jauh dari budaya dan tindak korupsi," katanya.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Tuntaskan LHKPN 100 Persen dengan Tepat Waktu

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat, Wawan Wardiana, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi, Amir Arief, serta juga hadir Sekda Sumbar, Hansastri.

Sementara itu, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Wawan Wardiana menjelaskan, Roadshow Bus KPK sendiri telah berjalan sejak 5 Oktober dan direncanakan berakhir 15 Oktober 2023 mendatang. Kegiatan yang mengusung tema 'Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi' ini diisi dengan berbagai rangkaian acara edukasi dan kampanye antikorupsi, dan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari legislatif/anggota DPRD, ASN, hingga pelajar dan mahasiswa di Sumbar.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang telah memberikan dukungan, dan bersedia bersama-sama KPK dalam memperkenalkan berbagai kegiatan selama Roadshow Jelajah Negeri Anti Korupsi 2023 ini berlangsung," ucapnya.

Dalam Roadshow Jelajah Negeri Anti Korupsi 2023 ini, sambungnya, KPK memperkenalkan bagaimana KPK membangun kesadaran masyarakat terhadap pemberantasan tindak korupsi, dengan melakukan tiga pendekatan pemberantasan tindak korupsi, yaitu lewat pendekatan penindakan, pencegahan, dan pendidikan.

"Penindakan dilakukan agar timbul efek jera melakukan tindak korupsi. Pendekatan pencegahan dilakukan dengan cara memperbaiki sistem yang ada agar jauh dari potensi prilaku tindakan korupsi. Ada pun pendekatan pendidikan berupa usaha-usaha menanamkan nilai-nilai antikorupsi, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya korupsi, serta mendorong masyarakat dalam mendukung gerakan-gerakan antikorupsi," katanya. (ADPSB)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat