bdadinfo.com

Tol Penghubung Wilayah ‘Otot’ dan ‘Jantung’ IKN yang Jadi Wajah Infrastruktur IKN Nusantara - News

Ilustrasi (bpjt.pu.go.id)





- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Tahap 1 selesai tahun 2024.

Pembangunan infrastruktur tersebut juga meliputi bangunan kantor pemerintahan yang berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Adapun, salah satu infrastruktur yang telah selesai dibangun dan sudah beroperasi saat ini yaitu Tol Balikpapan-Samarinda.

Baca Juga: Jajaran Pemko Siap Bersinergi, Sekda Andree Algamar Saksikan Sertijab Karutan Kelas IIB Padang

Jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan tol pertama yang dibangun di Pulau Kalimantan sepanjang 97,3 km.

Selain itu, jalan tol ini juga diibaratkan sebagai wajah infrastruktur IKN Nusantara yang mengusung konsep Smart Forest City.

Dengan nilai investasi sebesar Rp.9,9 triliun, jalan tol Balikpapan-Samarinda dibangun untuk mendukung konektivitas menuju IKN.

Maka dari itu, jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut berperan sebagai penghubung antara 'otot' dan 'jantung' dari IKN Nusantara.

Baca Juga: Rabu, 25 Oktober 2023 Presiden Joko Widodo Akan Berkunjung ke Kota Pariaman

Tepatnya, menghubungkan Kota Balikpapan sebagai simpul hilir migas dan logistik untuk Kalimantan Timur, dengan Kota Samarinda sebagai pusatnya.

Jalan tol yang terletak di Kalimantan Timur ini mempersingkat waktu tempuh sebesar 1,5 jam lebih cepat dari Balikpapan menuju Samarinda.

Di sisi lain, jalan tol Balikpapan-Samarinda juga terhubung dengan akses jalan tol menuju KIPP IKN.

Sehingga, dapat mempersingkat jarak antara Balikpapan dengan KIPP IKN, dimana semula ditempuh sekitar dua jam perjalanan, menjadi 30 menit saja.

Baca Juga: Luar Biasa, Wali Kota Padang Hendri Septa Menjadi Narasumber Seminar Internasional di Korsel

Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki 5 seksi. Dimana, seksi 1&5 merupakan ruas Balikpapan-Samboja sepanjang 32,40 km.

Sedangkan, seksi 2,3, dan 4 merupakan ruas jalan tol sepanjang 64,87 km yang menghubungkan wilayah Samboja dengan Samarinda.

Suasana jalan tol yang dikelilingi oleh keindahan panorama alam hijau, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna jalan tol yang juga pencinta alam.

Pasalnya, jalan tol tersebut dibangun dengan konsep "Smart Forest City" sebagai wajah infrastruktur IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Sehingga, tol Balikpapan-Samarinda berhiaskan pemandangan hutan, perkebunan, serta perbukitan yang menghijau di sisi kiri dan kanan jalan.

Selain itu, wajah infrastruktur IKN Nusantara tersebut juga melewati Tahura Bukit Soeharto dan Hutan Lindung Sungai Manggar.

Tahura Bukit Soeharto merupakan taman hutan raya yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat