bdadinfo.com

Keren! Inilah Fakta tentang Gibran Rakabuming saat Menjadi Wali Kota Solo yang Sekarang Jadi Cawapres Termuda - News

Prestasi Gibran saat menjadi Wali Kota Solo

- Dengan terpilihnya Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres bersama dengan Capres Prabowo Subianto yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM), menciptakan sejarah baru.

Sejarah ini tercipta, saat Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya meloloskan aturan yang Menyatakan dari Pasal 169 huruf q Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Dimana, aturan tersebut menyatakan jika batas usia minimal Calon Presiden dan Wakil Presiden di bawah 40 tahun dan menjabat sebagai kepala daerah dari hasil Pemilihan Umum.

Baca Juga: Jokowi Disebut Ciptakan Dinasti Politik Usai Gibran Rakabuming Raka jadi Cawapres Prabowo, Kok Bisa?

Tentu saja hal ini, justru menguntungkan Gibran Rakabuming yang saat ini berumur 36 tahun, dan menjabat sebagai Wali Kota Solo sehingga bisa menjadi kandidat terkuat sebagai Cawapres.

Ini akan menjadi sejarah penting dalam ajang Pemilihan Umum yang diadakan setiap 5 tahun sekali, dimana ada kandidat yang berusia dibawah 40 tahun yang ikut dalam persaingan Pemilu tahun 2024.

Dari Penilaian secara rata-rata sejak pemilu 2004 - 2019, Gibran Rakabuming terbilang sangat muda untuk menjadi Cawapres, dan rata-rata Cawapres RI maksimal berusia 61 tahun yang masuk dalam kategori lanjut usia.

Baca Juga: Dulu Lawan Sekarang Kawan, Inilah Perjalanan Karir Politik Prabowo Subianto

Dua Cawapres RI, bahkan ada yang berusia di atas 70 tahun saat maju dalam Pilpres sebelumnya yakni Ma'ruf Amin di Pemilu 2019 dan Jusuf Kalla di Pemilu 2014, dimana Capres adalah Jokowi.

Undang-Undang No. 13 Tahun 1998, tentang kesejahteraan lanjut usia pada Bab 1 Pasal 1 Ayat 2, menyebutkan jika lansia adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas, baik pria maupun wanita.

Menilik dari data pemilu 2004 - 2024, kini Gibran menggeser posisi Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres termuda kedua dalam sejarah Indonesia pada Pemilu 2024 kali ini.

Baca Juga: Siap Sokong Modal Gibran Jadi Cawapres? Inilah 13 Gurita Bisnis Kaesang Pangarep yang Bisa Perkuat sang Kakak

Gibran juga menggeser rekor Cawapres termuda, yang saat itu masih dipegang oleh Sandiaga Uno, yakni berusia 49 tahun pada saat maju dalam Pilpres 2019 bersama Capres Prabowo.

Rekor Cawapres tertua saat ini, masih dipegang oleh Ma'ruf Amin yang akhirnya memenangkan Pemilu Presiden 2019 bersama Joko Widodo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat