bdadinfo.com

PUKIS Soal Visi Misi AMIN Terkait Infrastruktur: Sedikit Perubahan, IKN Gak Bakal Lanjut! - News

Pasangan AMIN.  (Tangkap layar Instagram/@aniesbaswedan)

- Pusat Kajian Infrastruktur Strategis (PUKIS) menyoroti visi misi pasangan capres – cawapres, termasuk Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar atau AMIN terkait infrastruktur.

Dalam keterangannya, PUKIS menjelaskan jika pasangan AMIN dalam visi misi mereka akan menuangkan nuansa perubahan terkait keberlanjutan pembangunan infrastruktur.

PUKIS juga menyebut jika pasangan AMIN yang disokong Nasdem, PKB dan PKS itu tidak akan melanjutkan pembangunan IKN. Dengan begitu, ibu kota negara Indonesia tidak akan pindah jika mereka terpilih.

Baca Juga: Jelang Pilpres 2024 Konflik Wadas Kembali Mencuat, Ganjar Masih Punya PR Besar di Jawa Tengah

Meski begitu, PUKIS menerangkan jika ketiga pasangan capres – cawapres sama-sama berkomitmen untuk melanjutkan pembanguann infrastruktur di periode kepemimpinan sebelumnya.

“Anies, Ganjar, dan Prabowo sama-sama memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan infrastruktur. Dengan kata lain, pembangunan infrastruktur sepertinya akan tetap masif pada periode pemerintahan mendatang,” ujar Direktur Eksekutif PUKIS, Mas Muhammad Gibran Sesunan, melalui keterangan pers.

Sesunan menerangkan, jika AMIN mengusung nuansa perubahan dalam keberlanjutan proyek infrastruktur, Pasangan Prabowo – Gibran justru dengan tegas menjadikan pemerintahan Jokowi sebagai tolak ukur.

Baca Juga: Pro Kontra Gaji Ahok yang Mencapai Angka Miliaran, Mulyanto: Ini Melukai Rasa Keadilan Kita

“Anies sepertinya ingin menjadi pembeda dan dia coba menawarkan alternatif baru yaitu perubahan. Meski begitu, Anies secara tertulis menyatakan bahwa dirinya tetap akan melanjutkan proyek-proyek infrastruktur yang dilakukan Presiden Jokowi, seperti Jalan Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Trans Jawa, Kereta Api Trans Sulawesi, dan lain sebagainya. Artinya perubahan yang diusung pada sektor infrastruktur ini hanyalah perubahan pada skala atau takaran tertentu saja,” kata Sesunan.

Terkait IKN, Sesunan menyebut jika pasangan AMIN tidak menuliskan sama sekali di visi misi mereka. Hal ini bisa diartikan jika mega proyek ini tak akan berlanjut.

Berbeda dengan pasangan Prabowo – Gibran dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD yan secara jelas tetap akan meneruskan proyek IKN.

Baca Juga: Fresh Graduate Wajib Tahu! Inilah 5 Keuntungan Ikut Program Management Trainee: Nomor 2 Paling Diincar

“Publik dapat mengartikan bahwa Anies memilih tidak melanjutkan pemindahan ibu kota apabila terpilih nanti,” ujar Sesunan.

Meski memiliki perbedaan, Sesunan mengapresiasi ketiga pasangan capres – cawapres yang fokus dalam proyek infrastruktur negara. Hal ini berguna jika ingin Indonesia menjadi negara maju.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat