bdadinfo.com

Provinsi Jambi Pecah! Provinsi Baru Sumatera Tengah Siap Mencaplok 3 Kabupaten Besar di Jambi - News

 provinsi baru terus bergulir di mana ada tiga daerah di Provinsi Jambi yang terlibat dalam pemekaran Provinsi baru Sumatera Tengah yaitu Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh.

- Isu pementukan provinsi baru terus bergulir di mana ada tiga daerah di Provinsi Jambi yang terlibat dalam pemekaran Provinsi baru Sumatera Tengah yaitu Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh.

Diketahui pembentukan Provinsi baru Sumatera Tengah yang akan melibatkan Kabupaten Muara Bungo, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh sebagaimana tertuang dalam surat usulan nomor: 01/X/IPST-2022.

Yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, membawa harapan baru bagi masyarakat setempat untuk pembangunan yang lebih fokus dan peningkatan kesejahteraan dalam misi visi provinsi baru Sumatera Tengah.

Baca Juga: Ngebut Sampai 80 km di Jalan Tol Baru Riau ini Boleh Banget, Pekanbaru ke Muara Takut Jadi Cuma 1 Jam aja!

Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur, di bagian tengah pulau Sumatra, ibu kotanya berada di kota Jambi.

Provinsi dengan luas wilayah 50.160,05 km2 ini, pada tahun 2021 memiliki jumlah penduduk 3.548.228 jiwa.

Provinsi Jambi adalah nama provinsi di Indonesia yang ibu kotanya memiliki nama sama dengan provinsi selain Bengkulu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Gorontalo.

Jambi merupakan wilayah yang terkenal dalam literatur kuno. Nama negeri ini, sering disebut dalam prasasti dan juga berita-berita Tiongkok.

Baca Juga: PT Puyo Grup Indonesia Kreasi Buko Lowongan, Untuk Lulusan SMA: ada 8 Posisi !

Ini merupakan bukti bahwa, orang Cina telah lama memiliki hubungan dengan Jambi, yang mereka sebut dengan nama Kien-pi atau Chan-pei. Diperkirakan, telah berdiri empat kerajaan Melayu Kuno di Jambi.

Yaitu kerajaan Koying (abad ke-3 M), Tupo (abad ke-3 M), Kantoli (abad ke-5) dan Zabag.Daerah pedalaman Jambi juga ditemukan Prasasti Karang Berahi, prasasti ini berbahasa Melayu Kuno ditulis dalam aksara Pallawa, dengan pertanggalan abad ke 7 Masehi.

Jambi juga terkenal mempunyai kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, dengan luas 3981 hektare, yang dikenal dengan nama Candi Muaro Jambi.

Kemungkinan besar merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu, yang diperkirakan berasal dari (abad ke-7–12 M). Candi Muara Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatera.

Baca Juga: Simak! Cara Gampang Cetak Kartu SKD CPNS dan PPPK, Intip Bocoran Materi yang akan Diuji Berikut Ini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat