bdadinfo.com

Profil Hasril Chaniago, Seorang Wartawan dan Penulis Buku Tersohor dari Sumatera Barat - News

Sosok Hasril Chaniago, Wartawan Asal Sumatera Barat (YouTube BKN PDI Perjuangan)

- Provinsi Sumatera Barat tidak pernah kehabisan tokoh yang telah memberi kontribusi terhadap bangsa Indonesia.

Salah satunya adalah Hasril Chaniago, seorang wartawan, penulis dan editor yang menjadi tokoh tersohor di provinsi tersebut.

Karirnya dalam dunia kepenulisan dan media sudah tidak diragukan lagi, karena ia sudah malang melintang di bidang tersebut selama 40 tahun.

Baca Juga: Putusan MKMK Soal Kode Etik Hakim Mahkamah Konstitusi Ternyata Bisa Pengaruhi Aturan Batasan Usia Cawapres!

Hasril Chaniago sendiri dilahirkan di Koto Tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, pada tanggal 20 Januari 1962.

Dilansir dari buku Memoar Achjar Iljas, Hasril Chaniago telah memulai karirnya sebagai wartawan sejak 1982 dan telah menjabat di beberapa posisi strategis.

Ia pernah menjadi Redaktur Eksekutif di Harian Singgalang pada 1987-1998, Pemimpin Redaksi Harian Mimbar Minang pada 1999-2004 dan Dewan Redaksi News sejak 2010 hingga sekarang.

Baca Juga: Beruntung, Ini Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Terakhir Sebelum Kepemimpinan Presiden Jokowi Berakhir

Ia juga pernah menjabat di beberapa media seperti saat menjadi Redaktur Tamu Majalah Ekonomi Prospek pada 1990-1992 dan menjabat Editorial Board di Majalah Indonesian Leaders Jakarta pada 2015-2016.

Ia memiliki beberapa latar belakang pendidikan jurnalistik yang diperoleh lewat program non-degree course di Universitas Andalas pada 1983 dan Karya Latihan Wartawan di PWI Pusat Medan tahun 1986.

Tidak hanya itu, ia juga pernah menempuh pendidikan Newsroom Management Training yang dilakukannya di The International Center for Foreign Journalists.

Baca Juga: 3 Kabupaten Bekas Pemekaran Wilayah Sumbar Diisukan Gabung Provinsi Baru Sumatera Tengah, Ini Profilnya

Dalam pendidikannya tersebut, ia mendapatkan pekerjaan sebagai editor tamu di surat kabar Tallahassee Democrat, Florida, Amerika Serikat, pada tahun 1998.

Dengan latar belakangnya tersebut, ia kini sudah memiliki kualifikasi profesional di Dewan Pers sebagai seorang Wartawan Utama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat